Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobnas Masih Hanya Jadi Angkutan Pedesaan

Prinsipal mobil nasional (mobnas) belum beranjak dari pasar angkutan pedesaan karena mengaku sulit bersaing dengan prinsipal mobil asing di segmen pasar yang lebih besar seperti pasar mobil perkotaan (city car).

Bisnis.com, JAKARTA — Prinsipal mobil nasional (mobnas) belum beranjak dari pasar angkutan pedesaan karena mengaku sulit bersaing dengan prinsipal mobil asing di segmen pasar yang lebih besar seperti pasar mobil perkotaan (city car).

Kepala Bidang Pemasaran dan Hubungan Asosiasi Industri Automotive Nusantara (Asianusa) Dewa Yuniardi mengatakan tak adanya dukungan kebijakan yang pro-mobnas, membuat pasar mobnas sulit berkembang.

“Kalau mesti head to head dengan mobil produksi prinsipal asing, jelas kami masih kalah. Kami jadi harus mencari celah pasar lain,” katanya.

Mobil nasional yang telah resmi dipasarkan saat ini ialah AG-Tawon dan GEA (kepanjangan dari Gulirkan Energi Alternatif). Kedua mobil ini, lanjutnya, bisa bertahan berproduksi dengan memasok mobilnya ke daerah bekerja sama dengan pemda setempat.

“Untuk Tawon pemasarannya di Banten karena produksinya di sana. Selain itu kini telah masuk ke Sumatra Selatan. Untuk GEA, pemasarannya telah masuk Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Dia menyatakan dukungan dari pemerintah daerah setempatlah yang telah membuat produsen mobil Tawon dan GEA bertahan dalam menjalankan produksi dan memasarkan produknya.

Mobil GEA dengan tipe GEA Moko (mobil toko) dapat menempus pasar di Sulawesi Selatan. Hanya saja, menurutnya, penjualan mobil tersebut masih stagnan dan cenderung tidak mengalami peningkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Abdalah Gifar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler