Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Luncurkan New Nav 1, Harga Naik Rp3 Juta

PT Toyota Astra Motor (TAM) memperluas pasar MPV kelas menengah atas dengan meluncurkan Nav 1 untuk memenuhi permintaan pasar di segmen tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Toyota Astra Motor (TAM) memperluas pasar MPV kelas menengah atas dengan meluncurkan Nav 1 untuk memenuhi permintaan pasar di segmen tersebut.

Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo menyatakan meskipun Toyota berfokus pada low dan medium MPV, Nav 1 diharapkan dapat melengkapi line up segmen MPV yang saat ini digarap. Oleh karena itu, TAM tidak secara resmi menargetkan pangsa pasar yang akan dibidik Nav 1.

Untuk segmen high MPV sekelas Nav 1, Rahmat berkaca pada tahun lalu. Pada 2013, menurut Rahmat, high MPV sekelas Nav 1 dari berbagai merek terjual sekitar 9.000 unit, dan Nav 1 mencatatkan penjualan di urutan pertama sebanyak 2.830 unit.  

“Sebenarnya kalau MPV kelas atas ada dua, Nav 1 dan Alphard. Tapi kalau kita berbicara di kelas Nav 1, tahun lalu itu sekitar 9.000-an pasarnya. Kalau Alphard lebih kecil mungkin sekitar 2000-an sampai 3000-an," katanya saat peluncuran Toyota New Nav 1, Jumat (9/5/2014).

Tujuan memperkenalkan Nav 1, kata Rahmat, bukan bicara soal jual unit tetapi lebih melengkapi line up Toyota di seluruh segmen yang ada. "Kalau kita bicara berapa persen segmen high MPV, kita bisa melihat data tahun lalu. Dulu sampai Maret itu 3.044 dari Desember 2012. Sekitar 30% dari data yang lalu,” katanya.

Untuk itu, saat ini TAM berfokus pada permintaan konsumen atas produk baru tersebut. Berbicara masalah harga, TAM memastikan Nav 1 keluaran anyar ini memang mengalami kenaikan harga. Namun angkanya tidak terlalu signifikan. Rahmat berujar, naiknya harga tidak seutuhnya dibebankan pada konsumen.

“Bicara soal cost seharusnya ada perubahan sekitar Rp10 juta hingga mendekati Rp15 juta. Tapi secara on the road, kenaikannya hanya Rp3 juta. Ini sebagai apresiasi terhadap konsumen, kita tidak melimpahkan semua kenaikan harga ini kepada konsumen,” ucapnya.

Nav 1 seri G A/T dibanderol dengan harga Rp386.650.000, sedangkan Nav 1 seri V limited A/T dilabel Rp406.000.000. Nav 1 teranyar ini pun sudah di upgrade sesuai pasar Indonesia. Salah satunya dengan melibatkan desainer otomotif dari dalam negeri.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper