Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil Listrik Nasional: Ini Dua Spesifikasi Rakitan ITS

-Pameran Mobil Listrik Nasional (Molina) 2014 merupakan jawaban dari Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya atas mandat yang pernah diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Maret 2012. ITS telah berhasil merakit dua mobil listrik.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 30 April 2014  |  10:27 WIB
Mobil listrik ala Dahlan Iskan. Mahasiswa ITS berhasil membuat dua rakitan - antara
Mobil listrik ala Dahlan Iskan. Mahasiswa ITS berhasil membuat dua rakitan - antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pameran Mobil Listrik Nasional (Molina)  2014 merupakan jawaban dari Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya atas mandat yang pernah diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Maret 2012. ITS telah berhasil merakit dua mobil listrik.

Mobil listrik pertama berwarna putih dengan spesifikasi jenis sporty hatchback city car, kapasitas penumpang empat orang, chassis mocochoque, penggerak roda belakang dengan motor listrik, DC brushless 95%  off, daya 50 Kw (rated) dan max 100 Kw, kecepatan maksimum 200 Km/jam, torsi 800 N.m, battery LiPoFe4 dan 20 Kw.

Mobil listrik kedua berwarna merah dengan spesifikasi sporty hatchback city car, kapasitas penumpang empat orang, chassis mocochoque, penggerak roda depan dengan motor listrik DC brushless, daya 30 Kw (rated) dan max 60 Kw, kecepatan maksimum 180 Km/jam, torsi 200 N.m, battery LiPoFe4 dan 20 Kw.

“Kode yang ada di dalam kotak kecil sistem mesin mobil listrik berkodekan IQUEECYHE merupakan produk original karya ITS,” ungkap Mendikbud, M. Nuh seperti dilansir laman Kemdikbud, Rabu (30/4/2014).

Mendikbud menjelaskan  saat ini akan dilakukan langkah uji coba Jakarta menuju Surabaya. Begitu selesai hasil uji coba, mulai 2-9 Mei 2014 akan dilakukan evaluasi.

“Mudah-mudahan pada bulan Juni 2014 sudah bisa mengetahui apa saja yang harus diperbaiki. Dari situlah akan disampaikan kepada Kementerian Perindustrian untuk bersama-sama melihat ulang kembali, dan dijadikan dasar atau plat form mobil listrik versi ITS,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil listrik
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top