Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemintaan Tinggi, New Mini Cooper Segera Diluncurkan

PT BMW Indonesia, agen tunggal pemegang merek BMW dan MINI, merencanakan semester pertama 2014 meluncurkan produk baru The New MINI untuk mendongkrak penjualan lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu sebanyak 460 unit.
MINI John Cooper Works dibekali mesin 4 silinder turbo twin-scroll dengan sistem injeksi bahan bakar langsung. /bisnis.com
MINI John Cooper Works dibekali mesin 4 silinder turbo twin-scroll dengan sistem injeksi bahan bakar langsung. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT BMW Indonesia, agen tunggal pemegang merek BMW dan MINI, merencanakan semester pertama 2014 meluncurkan produk baru The New MINI untuk mendongkrak penjualan lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu sebanyak 460 unit.

Jodie O’tania, Head of Corporate Communications BMW Indonesia, mengatakan peluncuran produk baru terus dilakukan untuk memenuhi harapan pelanggan menyusul pada akhir 2013 diluncurkan Mini John Cooper Works yang langsung mendapat respon positif dari konsumen.

“Kami akan terus meluncurkan produk baru seperti The New MINI Cooper pada smester pertama tahun ini dan juga berusaha meningkatkan penjualan sebanyak mungkin hingga mencapai dua digit,” katanya kepada Bisnis.com di Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Menurutnya, The New MINI Cooper 2014 sebagai varian terbaru dari MINI Cooper yang hadir dengan penampilan baru, serata dibekali teknologi dan mesin terbaru itu segera mengisi pasar domestik yang cukup potensial.

Dia menjelaskan tingginya permintaan pasar kendaraan kompak hatchback MINI Cooper di Indonesia dapat dilihat dari pertumbuhan penjualan tahun lalu menjadi 460 unit atau meningkat sebesar 35% dari pencapaian penjualan 2012 sebanyak 342 unit.

Pencapaian penjualan MINI Cooper turut memberikan kotribusi yang cukup besar terhadap total penjualan BMW Group Indonesia mencapai 3.250 unit yang terdiri dari 460 unit MINI Cooper, 2.460 unit BMW Indonesia dan 330 unit BMW Premium Selection.

Realisasi penjualan pada 2013 itu, lanjutnya, untuk MINI Cooper meningkat 35% dari penjualan 2012 sebanyak 342 unit, BMW Indonesia terjual 2.460 unit meningkat 12% dari 2.188 unit dan penjualan BMW Group Indonesia 3.250 unit naik 28% dari 2.530 unit pada 2012.  

Jodie mengatakan gejolak moneter hingga nilai tukar rupiah melemah terhadap US$ dan penaikan tarif Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi 125% tetap akan berdampak terhadap penjualan MINI dan BMW walaupun relatif kecil.

“Tentu penaikan tarif PPnBM menjadi 125% ada pengaruhnya terhadap penjualan kami, tetapi relatif kecil karena para pelanggan yang menyukai produk kami tetap membeli kendaran yang disukai,” ujarnya.   

Dia juga mengungkapkan pihaknya akan melengkapi semua varian MINI Cooper setelah sukses meluncurkan model John Cooper Works, sebagai kendaraan subkompak sporty yang diminati konsumen pada akhir tahun lalu.

Adapun Mini John Cooper Works yang dipasarkan di Indonesia terdiri dari tujuh model, yaitu MINI Hatch, MINI Clubman, MINI Cabrio, MINI Coupe, MINI Roadster, MINI Paceman, dan MINI Countryman untuk memenuhi permintaan pelanggan.

MINI John Cooper Works dibekali mesin 4 silinder turbo twin-scroll dengan sistem injeksi bahan bakar langsung. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 211 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 260 Nm pada putaran 1.700—5.500 rpm.

Untuk dua model unggulan John Cooper Works, yakni MINI Countryman dan Paceman, mesinnya lebih bertenaga yakni 218 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 280 Nm tersedia ketika mesin berputar antara 1.900 dan 6.000 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper