Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uang Beredar Meningkat, Pemilu Dongkrak Penjualan Mobil

Pasar otomotif nasional dinilai tetap bergairah selama tahun politik ini, asalkan kondisi politik dan keamanan kondusif hingga berakhirnya pelaksanaan pemilihan umum parlemen dan presiden.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Pasar otomotif nasional dinilai tetap bergairah selama tahun politik ini, asalkan kondisi politik dan keamanan kondusif hingga berakhirnya pelaksanaan pemilihan umum parlemen dan presiden.

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda, mengatakan selama tahun politik banyak orang mampu membeli kendaraan karena jumlah uang beredar meningkat, dipicu maraknya kegiatan usaha seperti penyedia sarana dan perlengakap kampanye.

"Selama situasi politik nasional terjaga tetap kondusif, tidak ada kerusuhan dan juga nilai tukar rupiah stabil, maka penjualan otomotif, khususnya Honda akan tetap tumbuh," katanya di sela-sela test drive Honda Mobilio di Yogyakarta, Rabu (5/2/2014).

Menurutnya, peningkatan uang beredar terkait pelaksanaan Pemilu parlemen dan presiden membuat banyak orang mampu secara finansial untuk membeli kendaraan yang diidamkan.

Guna mengantisipasi perkembangan yang positif itu, lanjutnya, Honda menawarkan alternantif pilihan  kendaraan dengan jaminan standar internasional yang harganya lebih terjangkau di bawah Rp200 juta, yakni Honda Mobilio dan Brio.

Dia mengatakan maraknya produksi kendaraan di bawah Rp200 juta, terutama tipe low multi purpose vehicle yakni Honda Mobilio, cukup membatu pembeli pemula ataupun yang akan mengganti mobil lama mereka.

Pangsa pasar kendaran seharga di bawah Rp200 juta seperti Avanza, Xenia, Ertiga dan Honda Mobilio, cukup besar mencapai sekitar 75% dan sisanya merupakan kendaraan dengan harga di atasnya.

"Honda serius menggarap pangsa pasar kendaraan yang sangat besar itu mencapai 75% dengan tetap mempertahankan jaminan kualitas produk standar Honda, disamping tetap mengisi pasar yang di atas Rp200 juta seperti CR-V dan Odyssey," tegasnya.

Jonfis mengatakan Honda selama tahun politik 2014 tetap akan mengembangkan jaringan diler layanan terpadu dari saat ini sebanyak 94 akan ditambah menjadi 140 unit-150 unit hingga akhir 2014.

Jaringan diler tersebut, imbunya, seluruhnya harus memenuhi standar layanan sales, service dan sparepart Honda yang didukung para teknisi profesional untuk melayani seluruh produk Honda demi kepuasan konsumen.

Selain meningkatkan jumlah diler dengan layanan sales, service dan sparepart yang kini beroperasi 94 unit, Honda juga terus mengupayakan peningkatan kapasitas layanan diler tersebut yang baru terpakai sekitar 60%.

Dia juga mengungkapkan dukungan pabrik baru Honda juga semakin meyakinkan manajemen dalam menggenjot produksi dan pemasaran produk, terutama Honda Brio dan Mobilio yang permintaan pasarnya terus meningkat mencapai sekitar 40%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper