Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Pemasaran Tata Motors ke Pasar Tradisional Dinilai Efektif

PT Tata Motors Distribusi Indonesia, agen tunggal pemegang merek Tata, mengklaim strategi pemasaran produk kendaraan komersial langsung ke pasar tradisional sangat efektif karena menyasar basis konsumen.
Tata Motors/Bisnis.com
Tata Motors/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tata Motors Distribusi Indonesia, agen tunggal pemegang merek Tata, mengklaim strategi pemasaran produk kendaraan komersial langsung ke pasar tradisional sangat efektif karena menyasar basis konsumen.

Kendaraan komersial yang gencar dipasarkan kelompok usaha dari industri otomotif India, Tata Motors Ltd, tersebut terdiri dari dua tepe bermesin disel yaitu Tata Super Ace 1.405 cc dan Tata Xenon RX 3.000 cc.

Biswadev Sengupta, President Director Tata Motors Distribusi Indonesia, mengatakan pemasaran di pasar tradisional bernana Tata Grebegpasar berhasil dilaksanakan di Solo dan Surabaya, kini gilirannya di Jakarta dan daerah sekitar.

“Dalam kegiatan Tata Gerebegpasar itu kami juga mengkampanyekan bahwa Tata Motors tidak hanya mempersiapkan kendaraan yang akan dijual, tetapi juga beserta diler layanan terpadu dan bengkel yang memadai,” katanya, Minggu (26/1/2014).

Dia belum menyebutkan target penjualan Tata Super Ace 1.405 cc dan Tata Xenon RX 3.000 cc selama berlangsung program Tata Grebegpasar, karena tujuan utama kegiatan itu untuk kampanye prapeluncuran kendaraan tersebut di Indonesia.

Pelaksanaan program tersebut di Jakarta berlangsung di Pasar Senin pada 24-26 Januari 2014, Pasar Pagi Mangga Dua (31 Januari-2 Februari), Pasar Pondok Gede (7-9 Februari), dan Pasar Induk Kermata Jati pada 14-15 Februari 2014.

Selanjutnya segera menyusul di Pasar Muara Karang, Pasar Cibitung, Pasar Bekasi Kota, Pasar Cibinong, Pasar Grogol serta sejumlah pasar tradisional lain yang ada di daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi

Adapun harga kendaraan komersial Tata berbahan bakar solar itu dibandrol off the road untuk Tata Super Ace DLS seharga Rp95 juta, Tata Super AC DLE  Rp125 juta dan Tata Xenon RX sebesar Rp132 juta.

Biswadev menjelaskan Tata Grebegpasar menjadi program andalan Tata Motors Indonesia menjelang peluncuran kendaraan komersial tersebut dan sekaligus untuk membangun brand awareness serta memperluas potensi penjualannya.

“Kami melakukan rangkaian kampanye pengenalan produk kendaraan niaga sejak 2012, tidak lama setelah Tata Motors secara resmi hadir di Indonesia, yaitu dalam Indonesia International Motor Show pada 2012 dan 2013,” ujarnya.

Dia mengungkapkan Tata Motors Distribusi Indonesia tidak hanya mempersiapkan unit kendaraan yang dipasarkan, tetapi juga dukungan diler layanan sales, service dan sparepart serta bengkel yang memadai.

Semua bengkel Tata, lanjutnya, memiliki mekanik yang benar-benar terlatih, peralatan dan fasilitas lengkap serta suku cadang tersedia dalam 24 jam, untuk mendukung jaminan layanan garansi mobil Tata selama 5 tahun atau 100.000 km.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper