Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Menghindari Kebakaran Kendaraan dari Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor, agen tunggal pemegang merek Daihatsu, menyosialisasikan upaya pencegahan kebakaran pada kendaraan yang belakangan ini marak terjadi di berbagai daerah di Tanah Air.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor, agen tunggal pemegang merek Daihatsu, menyosialisasikan upaya pencegahan kebakaran pada kendaraan yang belakangan ini marak terjadi di berbagai daerah di Tanah Air.

Ahmad Syaufi, Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan banyak faktor yang menimbulkan kebakaran baik dari internal kendaraan itu sendiri ataupun eksternal yang harus difahami masyarakat.

“Melalui workshop for journalist ini, nanti diharapkan rekan-rekan jurnalis dapat menjelaskan dan mengedukasi masyarakat mengenai aktifitas pencegahan kebakaran pada kendaraan,” katanya, di Jakarta, Selasa (21/1/2014)

Menurutnya, workshop for journalist bertema Pencegahan kebakaran pada kendaraan yang digelar di Daihatsu Training Center di Jakarta dan Semarang itu sebagai bentuk kepedulian ADM kepada masyarakat secara luas.

Dia menjelaskan kebakaran merupakan munculnya api yang tidak dikehendaki dan tidak dapat dikendalikan, sehingga bahaya kebakaran dapat terjadi dimana saja yang menyebabkan kerugian besar, termasuk pada kendaraan bermotor.

Adapun, faktor penyebab kebakaran pada kendaraan bermotor, lanjutnya, meliputi faktor internal dan eksternalnya yang harus diketahui oleh masyarakat, terutama para pemilik dan pengendara mobil tersebut.

“Apalagi jika unsur pembentuk api yaitu osigen, panas dan bahan bakar itu bergabung, terutama pada satu kendaraan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis sumber panas atau api dan berbagai bahan yang mudah terbakar,” ujarnya.

Ahmad mengatakan unsur pemicu terjadinya api pada kendaraan meliputi faktor internal yakni hubungan arus pendek yang disebabkan oleh hubungan listrik dengan tahanan listrik sangat kecil sehingga arusnya besar menimbulkan percikan api.  

Selain itu, lanjutnya, penggunaan kabel yang tidak sesuai dapat menimbulkan efek yang dibangkitkan oleh aliran listrik, saat sejumlah arus melewati sebuah konduktor maka sejumlah panas akan dihasilkan dan mengakibatkan kabel meleleh.

Selain itu, imbuhnya, kebakaran karena unsur eksternal yang antara lain akibat puntung rokok yang menyala (lighter), kecelakaaan kendaraan, plastik menempel pada exhaust manifold dan parkir di atas rumput kering pada kondisi cuaca terik.

Menurutnya, masyarakat luas hendaknya mengetahui semua unsur dan faktor yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada kendaraan bermotor sehingga dapat melakukan upaya pencegahan dan penangangan jika musibah itu terjadi.   

“[Kami memberikan apresiasi] kepada rekan-rekan jurnalis yang telah memberikan dukungan kepada Daihatsu, sehingga dapat menyebarluaskan informasi  pencegahan kebakaran pada kendaraan ini kepada para sahabat Daihatsu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper