Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suzuki Indomobil Siap Garap Pasar Asean

PT Suzuki Indomobil Sales siap menggarap potensi pasar otomotif kawasan Asean yang mencapai sekitar 4 juta unit pada tahun depan menyusul dioperasikannya pabrik baru Suzuki di Karawang berkapasitas 100.000 unit per tahun.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 19 Januari 2014  |  17:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--PT Suzuki Indomobil Sales siap menggarap potensi pasar otomotif kawasan Asean yang mencapai sekitar 4 juta unit pada tahun depan menyusul dioperasikannya pabrik baru Suzuki di Karawang berkapasitas 100.000 unit per tahun.

Pabrik baru Suzuki di kawasan industri Delta Mas, Karawang akan beroperasi tahun depan guna memperkuat dua pabriknya di Cakung khusus memproduksi mesin dan transmisi serta satu pabrik di Tambun berkapasitas 150.000 per tahun.

Soebronto Laras, Presiden Komisaris Indomobil Group, mengatakan pihaknya melalui PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki, segera memiliki pabrik mobil berkapasitas mencapai sedikitnya 250.000 unit per tahun.

"Dengan total kapasitas produksi sekitar 250.000 unit mobil per tahun, kami siap menggarap potensi pasar otomotif Asean mencapai sekitar 4 juta unit per tahun, setelah diberlakukan kesepakatan pasar bebas Asean," katanya, Minggu (19/1/2014).

Menurutnya, Suzuki Indomobil Sales sebagai kelompok usaha Indomobil Group akan mengambil porsi lebih besar dari pasar otomotif Asean yang diperkirakan mencapai 4 juta unit, termasuk diantaranya pasar di Indonesia sekitar 1,2 juta unit.

Davy J. Tuilan, Marketing and Dealer Network Development Director Suzuki Indomobil Sales, mengatakan Suzuki berusaha terus meningkatkan pengsa pasar (market share) sekitar 3%-4% per tahun menjadi 16,7% pada tahun ini.

Peningkatan penjualan Suzuki itu, lanjutnya, lebih tinggi dari pencapaian penjualan whole sales pada 2013 mencapai sebanyak 164.003 unit atau 13,3% dari pangsa pasar nasional dan juga diatas pangsa pasar pada 2012 sekitar 11,3%.

"Kami siap melakukan berbagai upaya strategis untuk meningkatkan penjualan mencapai 16.7% pada tahun ini, termasuk dengan memberikan layanan purna jual melalui kegiatan Pesta Keluarga Ertiga," tegasnya.

Dia mengatakan kendaraan multi purpose vehicle Ertiga memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap total penjualan Suzuki, karena sejak pertama kali diluncurkan pada April 2012 hingga kini terjual lebih dari 100.000 unit.

Di tengah persaingan low MPV yang semakin ketat, penjualan Ertiga selama 2012 berhasil meraih market share 11,4% di kelasnya, kemudian meningkat menjadi 17,9% pada 2013 dan tahun ini diharapkan Ertiga dapat menguasai market share hingga 20%.

Dia mengatakan strategi pemasaran yang efektif sangat penting bagi Suzuki Ertiga untuk berlaga di pasar low MPV dengan tingkat persaingan yang semakin ketat dan juga kehadiran kendaraan low cost green car yang menggerogoti pangsa pasarnya.

Sementara itu, lanjutnya, upaya menjaga loyalitas konsumen terhadap Suzuki Ertiga digelar acara Pesta Keluarga Ertiga di Jakarta, dengan peserta lebih banyak dari kegiatan serupa pada November 2012 diikuti 2.379 unit mobil Suzuki Ertiga.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suzuki ertiga pt suzuki indomobil sales soebronto laras indomobil group
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top