Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taksi Nissan Almera Punya Kabin Terluas

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan penjualan sedan Nissan Almera sejumlah 500 unit pada November 2013 untuk memenuhi kebutuhan pasar taksi.
 Nissan Almera/Bisnis
Nissan Almera/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memastikan penjualan sedan Nissan Almera sejumlah 500 unit pada November 2013 untuk memenuhi kebutuhan pasar taksi.

Operator taksi yang dimaksud adalah Blue Bird Group. Nissan Almera diklaim sebagai taksi reguler dengan kabin terluas di Indonesia.
Wakil Presiden Direktur Penjualan dan Pemasaran Nasional NMI Yoshiya Horigome mengatakan Almera hadir dengan headroom dan legroom yang lapang.

"Sedan ini juga memiliki bagai terluas berkapasitas 490 L," katanya dalam acara pengumuman kemitraan NMI  - Blue Bird, di Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Luas headroom depan Almera 1.011 mm, belakang 9.296 mm. Sedangkan legroom depan seluas 595,5 mm dan 636 mm di belakang.
Salah satu fitur hiburan yang tersedia di dalam Almera adalah koneksi USB dengan smartphone. Penumpang dapat menyambungkan perangkat komunikasinya untuk mendengarkan lagu.

Presiden Direktur NMI Takayuki Kimura menyatakan sejauh ini pihaknya baru menjual Almera ke Blue Bird Group. Tak tertutup kemungkinan akan terjalin kemitraan dengan operator taksi lain.

"Kerja sama dengan Blue Bird, perusahaan taksi nomor satu di Indonesia, ini merupakan bukti komitmen business to business Nissan [di segmen angkutan publik]," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Blue Bird Group Purnomo Prawiro mengatakan ini bukanlah kemitraan pertama dengan Nissan untuk penyediaan armada taksi. Pada era 1980-an, Blue Bird pernah mengoperasikan Sunny.

"Nissan bukanlah merek asing bagi kami. Ini membuka era baru bagi kami seiring tambahan merek yang kami pakai di samping Mercedes dan Alphard untuk limosin," tuturnya.

Pada tahap awal, Blue Bird memesan 500 unit Almera untuk pengoperasian di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Armada baru ini rencananya mengaspal mulai akhir Januari atau awal Februari 2014.

Deputi Direktur Blue Bird Group Andre Djokosoetono mengaku tak khawatir atas jaminan layanan purnajual Nissan. "Kami sudah berdiskusi sampai soal aftersales, NMI berkomitmen sediakan layanan 24 jam sesuai kebutuhan angkutan taksi," katanya.

Kini, terdapat sedikitnya 34.000 unit taksi Blue Bird Group dari berbagai jenis dengan lebih dari 39.000 orang pekerja. Layanan perusahaan taksi ini mencakup taksi reguler, taksi eksekutif, bis cartes, hingga truk container.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper