Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Mobil MPV Murah Diprediksi Tumbuh Pesat

Segmen mobil serbaguna atau MPV (multi-purpose vehicle) kelas bawah bakal terus menggemuk pada 2014.

Bisnis.com, JAKARTA - Segmen mobil serbaguna atau MPV (multi-purpose vehicle) kelas bawah bakal terus menggemuk pada 2014.

Agen tunggal pemegang merek mobil Chevrolet , PT General Motors (GM) Indonesia, menilai peminat low MPV takkan surut pada tahun depan. GM akan mendorong agar penjualan Chevrolet Spin yang bertengger di kelas MPV murah terus meningkat.

"Kita tetap fokus [ke MPV] karena sudah investasi US$150 juta untuk Chevrolet Spin dmei memberikan pilihan bagi konsumen Indonesia atas produk mobil serbaguna," kata Director Public Relation GM Indonesia Maria Sidabutar kepada Bisnis, Senin (30/12/2013).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat 478.316 unit MPV terjual sepanjang Januari - November 2013. Ini setara dengan 42,25% pasar otomotif nasional yang mencapai 1,13 juta unit.

Segmen MPV terbagi ke dalam tiga kategori, kelas bawah atau low MPV, medium MPV, dan upper MPV. Model yang paling banyak terserap di Tanah Air adalah low MPV sejumlah 351.874 unit.

Penjualan Chevrolet dari pabrikan ke diler (wholesales) hingga bulan lalu sejumlah 14.299 unit. Dan produk mobil serbagunalah yang memberi kontribusi terbesar sekitar 70,17% atau 10.033 unit.

Maria menambahkan GM Indonesia memproyeksikan penjualan Chevrolet di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun. Realisasi sepanjang 2013 meningkat sekitar 300% terhadap 2012. Tapi, soal proyeksi tahun depan perusahaan enggan membeberkannya.

"Kami akan membina hubungan yang lebih insentif dengan konsmen Spin. Melalui 41 diler yang ada, kami antisipasi dengan meningkatkan layanan purnajual. Kami akan menjawab kebutuhan kendaraan di seluruh segmen, bagik MPV, SUV, maupun hatchback," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper