Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Gonjang-ganjing, Pasar Pikap Terus Menanjak

Pasar kendaraan komersial jenis pikap tetap kinclong hingga tahun depan, seakan tidak tersentuh dampak situasi ekonomi nasional yang kurang menguntungkan bagi dunia usaha akibat gejolak moneter serta kenaikan suku bunga kredit dan inflasi.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar kendaraan komersial jenis pikap tetap kinclong hingga tahun depan, seakan tidak tersentuh dampak situasi ekonomi nasional yang kurang menguntungkan bagi dunia usaha akibat gejolak moneter serta kenaikan suku bunga kredit dan inflasi.

Bahkan, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pikap mencapai angka tertinggi tahun ini pada Oktober sebanyak 20.174 unit, di atas penjualan rata-rata 17.000 unit per bulan.

Pencapaian penjualan pikap tersebut dimotori sejumlah merek terkemuka seperti Daihatsu Gran Max, Mitsubisi L-120, Suzuki Carry, Isuzu Panther dan Toyota Hilux yang justru cenderung terus tumbuh secara signifikan pada smester II/2013.

Jika selama semester I/2013 penjualan pikap rata-rata di bawah 17.000 unit per bulan, selama paruh kedua tahun ini terjadi peningkatan menjadi rata-rata 18.000 unit per bulan, kecuali pada Agustus 2013 karena libur panjang Lebaran.

Kondisi ekonomi nasional yang sangat berat semester II/2013 seakan tidak berarti bagi penjualan pikap yang tetap kemoncer, yaitu pada Juli terjual 18.909 unit, Agustus 13.465 unit, September 19.701 unit, Oktober 20.174 unit dan November 19.146 unit.   

Rio Sanggau, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, agen tunggal pemegang merek Daihatsu, mengatakan permintaan pikap cenderung meningkat seiring dengan tingginya permintaan kendaraan komersial tersebut.

“Permintaan pasar kendaraan Daihatsu Gran Max terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional dalam negeri mencapai lebih dari 4.000 unit per bulan,” katanya di Jakarta, Senin (23/12/2013).

Menurutnya, penjualan Daihatsu Gran Max turut memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap total penjualan Daihatsu di Indonesia, walaupun sebagian dari kendaraan niaga tersebut untuk pasar ekspor, termasuk ke Jepang. 

Data Gaikindo mengungkapkan, selama Januari-November 2013, PT Daihatsu Astra Motor berhasil menjual Daihatsu Gran Max sebanyak 43.989 unit, sementara PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors memasarkan Mitsubisi T-120, L-200 dan L-300 mencapai 60.638 unit.

Selanjutnya, PT Suzuki Indomobil Sales menjual Suzuki Carry dan APV sebanyak 59.649 unit, PT Isuzu Astra Motor Indonesia memasarkan Isuzu Panther, Bison dan D-Max sebanyak 4.777 unit, dan PT Toyota Astra Motor menjual Toyota Hilux sebanyak 13.730 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper