Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

13 Mobil Dinas Bung Karno akan Berparade di Kemayoran

Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICC) berencana menampilkan 13 kendaraan dinas Presiden RI Pertama Soekarno pada 20-22 Desember 2013 di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA—Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICC) berencana menampilkan 13 kendaraan dinas Presiden RI Pertama Soekarno pada 20-22 Desember 2013 di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta. Seluruhnya merupakan mobil buatan Amerika Serikat dan Eropa.

Kolektor dan pemerhati mobil klasik Hartawan Setjodiningrat mengatakan jumlah mobil kepresidenan di era Bung Karno ada sekitar 23 unit. Armada ini pertama kali dirilis Sekretariat Negara pada Juni 1987.

"Setelah dapat akta notaris, kami [Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia/PPMKI)] coba inventarisir 23 unit mobil ini milik siapa saja. Ada satu yang dimiliki Pertamina. Jadi totalnya ada 22 unit, inilah yang keberadaannya dibawahi langsung PPMKI," tuturnya di Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Kehadiran mobil kenegaraan tempo dulu tersebut diharapkan dapat memperkuat konsep classic heritage dalam OICC 2013. Pameran ini menghajatkan penampilan kendaraan 'jadul' seorisinal mungkin, baik desain maupun mesin.

Salah satu ikon mobil dinas Bung Karno yang akan tampil adalah Chrysler Windsor 1947. Awalnya, mobil berwarna coklat muda metalik ini dihadiahkan Pemerintah AS kepada Jenderal Soedirman. Setelah beroperasi setahun di Yogyakarta lantas dipindahkan ke Jakarta.

"Seluruh mobil dinas Bung Karno yang akan dipamerkan tidak ada yang anti peluru," ucap pria yang akrab disapa Hawke itu.

Rerata armada kenegaraan tersebut beroperasi di era 1930 hingga 1950-an. Ketika itu, segmen mobil mewah dikuasai Cadilac dan Chrysler. Kendaraan mewah selama periode tersebut umumnya buatan AS rwtapi ada juga buatan Rusia yang teknologinya tetap ala AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper