Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taksi Express Bakal Pakai Toyota Etios, Ini Alasannya

Express Group tak berencana untuk menambah merek baru untuk armada taksinya. Sejauh ini, taksi reguler maupun premium yang dioperasikan Express seluruhnya menggunakan produk Toyota.
Toyota Etios/Bisnis.com
Toyota Etios/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Express Group tak berencana untuk menambah merek baru untuk armada taksinya. Sejauh ini, taksi reguler maupun premium yang dioperasikan Express seluruhnya menggunakan produk Toyota.

Direktur Keuangan Express David Santoso mengatakan pembaruan armada yang tengah dilakukan untuk taksi reguler pun tetap menggunakan sedan Toyota. Perbedaannya terletak pada model yang dipilih, sebelumnya sedan Vios (taksi Limo) menjadi Etios.

"Kami terus mempertimbangkan untuk menggunakan satu merek agar tercapai efisiensi dalam pengelolaan suku cadang. Penting bagi kami untuk bisa beroperasi secara optimal," tuturnya, Selasa (10/12/2013).

Express Group berencana mengoperasikan Toyota Etios mulai awal 2014. Total inden sedan ini 1.000 unit pada 2013, pemesanan dilakukan sejak pertengahan tahun. Ke depan, seluruh armada taksi reguler akan menggunakan sedan Etios.

"Tahun depan pasar angkutan umum, termasuk taksi, terbilang kondusif. Terlebih DKI berencana membatasi kendaraan pribadi sehingga taksi bisa lebih ekspansif, kami tetap favorit," ucap David.

Express Group menargetkan tambahan armada baru hingga 9.500 unit sepanjang tahun ini dan sedikitnya 2.000 unit pada 2014. Saat ini ada sekitar 9.200 unit taksi yang dioperasikan di seluruh Indonesia. Pangsa pasar Express secara nasional diproyeksi tumbuh menjadi 15% hingga penghujung 2013 dari 10,2% selama 2012.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan kehadiran Etios di Indonesia sejalan dengan animo operator taksi. "Permintaan sedan Toyota untuk taksi per bulan berkisar sekitar 1.000 unit," ucapnya kepada Bisnis dihubungi terpisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper