Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demo Buruh Tak Ganggu Kinerja Toyota Motor (TMMIN)

Kendati sektor ketenagakerjaan di dalam negeri tengah bergolak menuntut penaikan upah minimum, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan kegiatan produksi tak terpengaruh. Hambatan hanya terasa pada proses logistik barang.

Bisnis.com, JAKARTA - Kendati sektor ketenagakerjaan di dalam negeri  bergolak menuntut penaikan upah minimum, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan kegiatan produksi tak terpengaruh. Hambatan hanya terasa pada proses logistik barang.

"Kami paling mengantisipasi hambatan logistik. [Ketika terjadi demo buruh] pengiriman harian memang sempat terganggu. Tapi produksi sudah kami siapkan [untuk menghadapi itu], ditingkatkan sekitar 4 jam hingga sehari," ucap Executive General Manager HRD Corporate & External Affairs Division PT TMMIN Bob Azam di Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Menurutnya, masalah logistik paling dirasakan pemasok komponen TMMIN. Demo buruh tak pelak membuat pengiriman barang terlambat sekitar 2 jam hingga satu hari.

Gonjang-ganjing masalah ketenagakerjaan sangat mempengaruhi kinerja pemasok komponen Toyota. Pasalnya, sekitar 70% kegiatan manufaktur kendaraan ada di produksi komponen. Sekitar 30% dari total ongkos produksi setiap item komponen adalah upah pekerja.

"Semakin ke hulu, komponen upah buruh porsinya semakin besar. Biaya produksi yang meningkat [sejalan penaikan upah buruh] ini menjadi kendala dalam penetapan harga jual produk. Maka, tahun ini margin kami akan tertekan karena harga tidak bisa seketika dinaikkan," kata Bob.

Namun, dia enggan memerinci lebih detil seberapa besar margin akan berkurang. Perseroan berharap bisa menekan ongkos logistik yang berkontribusi sekitar 20% terhadap biaya produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper