Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Mau Langkahi Dealer, ATPM Enggan Berikan Diskon di IIMS 2013

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun ajang pameran otomotif terbesar Indonesia International Motor Show 2013 bakalan menarik konsumen untuk membeli masing-masing produk melalui diskon penjualan,  beberapa  ATPM (agen tunggal pemegang merk) tidak
Emanuel Tome Hayon
Emanuel Tome Hayon - Bisnis.com 26 September 2013  |  19:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun ajang pameran otomotif terbesar Indonesia International Motor Show 2013 bakalan menarik konsumen untuk membeli masing-masing produk melalui diskon penjualan,  beberapa  ATPM (agen tunggal pemegang merk) tidak mengeluarkan diskon untuk menjaga pasar otomotif tetap sehat.

Widyawati, GM Perencanaan Korporasi dan Humas PT Toyota Astra Motor, mengatakan TAM tidak mengandalkan promo penjualan untuk menarik pembeli di arena IIMS 2013.

“Sejak awal IIMS kami tidak memfokuskan pada penjualan tetapi mengenalkan tekhnologi terbaru terbaru Toyota kepada masyarakat,” ungkapnya hari ini, Kamis (26/9/2103).

Menurutnya, jika ada pemberian diskon maka ada kesan tidak fair bagi konsumen yang membeli mobil pada dealer TAM. Jika sampai terjadi, sambungnya, pembeli di pameran akan mendapatkan harga yang lebih murah sedangkan masyarakat diluar yang membeli melalui dealer akan sangat terbebani.

Namun, meskipun tidak adanya pemberian promo ataupun diskon, pengunjung di booth Toyota bisa membandingkan produk-produk mutakhir dari Toyota. Adapun, Widyawati menerangkan, produk di segmen mpv masih menjadi andalan penjualan dan banyak dipesan seperti Toyota Avanza dan Toyota Innova, serta produk mobil murah dan hemat energi seperti Toyota Agya masih menjadi andalan.

Manager Marketing Communication PT KIA Motor Indonesia Ridjal Muljadi menerangkan KIA tidak memberika diskon namun memberikan promo khusus baik berupa hadiah dan fitur pelengkap.

“Diskon memang mendongkrak penjualan tetapi sangat disayangkan jika diberikan pada momen IIMS ini. Kita hanya memberikan promo saja,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, untuk menjaga pasar, KIA memberikan banyak promorsi terkhusus bagi produknya berupa barang atau aksesoris untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen.

Ridjal menambahkan, pada IIMS 2013, KIA menargetkan penjualan sebanyak 500 unit. Hingga hari ketujuh, sambungnya, pemesanan produk KIA telah mencapai 254 unit, dimana pemesanannya hampir merata dari semua segmen.

Namun, Ridjal berharap, andalan produk baru seperti sedan All New Optima, Sorento Disel, dan All New Carens bisa mendongkrak penjualan produk KIA secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iims atpm mobil dealer diskon mobil
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top