Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TAM Daftarkan New Altis 1.8 V A/T di Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA—PT Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek Toyota, sedang menyiapkan kedatangan New Altis 1.8 V transmisi otomatis (A/T).
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 12 September 2013  |  16:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Toyota Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek Toyota, sedang menyiapkan kedatangan New Altis 1.8 V transmisi otomatis (A/T).

Pendaftaran sedan ini di Kementerian Perindustrian tercatat pada 12 September 2013.

 Sayangnya, Direktur Pemasran Rahmat Samulo enggan menjelaskan lebih jauh mengenai jumlah New Altis itu yang direncanakan akan masuk ke Indonesia.

Ia hanya mengatakan sejauh ini permintaan Toyota New Altis di dalam negeri bagus sehingga TAM terdorong untuk memasok lebih banyak varian ke sini

 “Selama ini barang yang ada masih di bawah demand, rerata permintaan New Altis per bulan sekitar 200 unit. Ini mobil legendaris,” katanya kepada Bisnis, Kamis (12/9/2013).

Sebetulnya bukan cuma New Altis 1.8 V A/T yang didaftarkan TAM pada tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) Kemenperin. Ada juga seri New Altis 1.8 G transmisi manual (M/T) tapi prosesnya batal.

 Karakteristik New Corolla Altis transmisi otomatis ini dibekali mesin 1.8 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 158 Ps pada 6.200 rpm dan torsi 205 nm pada 3.600 rpm. Teknologi mesin yang dipakai sedan dengan kapasitas tangki bensin 55 liter ini 4 silinder, 16 valve, DOHC, dual VVT-i dengan ACIS.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama Januari - Juli 2013 penjualan New Altis 1.8 V A/T nihil dari pabrikan ke diler (whole sales) nihil. Sedangkan total penjualan seluruh varian small sedan keluaran Toyota sepanjang semester I/2013 sebanyak 1.020 unit.

Dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu realisasi whole sales Toyota New Altis maka penjualan tahun ini merosot sekitar 21,8% dari 1.242 unit. "Penurunan penjualan dibandingkan tahun lalu itu murni karena suplai dari pabrik kurang karena kapasitas pabrik tidak cukup," ucap Rahmat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenperin toyota astra motor new altis
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top