Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Mobil Bekas Mulai Naik pada September

Bisnis.com, JAKARTA--Pasar mobil bekas selama Juli dan Agustus cenderung stabil di tengah gejolak perekonomian, terutama depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar. Lonjakan harga jual baru mulai terasa pada awal bulan ini, setidaknya ini tren yang

Bisnis.com, JAKARTA--Pasar mobil bekas selama Juli dan Agustus cenderung stabil di tengah gejolak perekonomian, terutama depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar. Lonjakan harga jual baru mulai terasa pada awal bulan ini, setidaknya ini tren yang ada di bursa bekas WTC Mangga Dua maupun Mobil 88.

Manajer Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Heriyanto Kosasih mengungkapkan pelaku usaha di segmen ini tak bisa menaikkan harga jual karena mesti bersaing dengan diskon produk baru.

"Tidak ada perubahan harga pada Agustus karena mobil baru banyak diskon, jadi kami tetap diam," tuturnya kepada Bisnis, Senin (9/9/2013).

Tapi sejak memasuki September mulai terasa gejolak harga jual mobil bekas terutama premium car, seperti Toyota Alphard, Toyota Camry, BMW, maupun Mercedes Benz. Ini terpengaruh kebijakan pemerintah menaikan pajak mobil mewah.

Toyota Alphard misalnya, melonjak sekitar Rp20 juta per unit untuk semua seri. Kondisi ini juga mulai menyentuh segmen sport utility vehicle (SUV) seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Sampai Agustus, rerata harga jual Pajero keluaran 2012 sekitar Rp320 juta - Rp340 juta per unit. Sedangkan Alphard produksi 2008 berada di kisaran Rp510 juta - Rp550 juta per unit.

"Untuk Pajero Rp340 juta itu barang yang sangat istimewa, tidak ada cacat dan periode pemakaiannya baru sebentar. Alphard bisa Rp550 juta kalau seri yang komplit. Penaikan ini sudah sejak awal bulan," ucap Heriyanto.

Kondisi tak jauh beda dialami anak usaha Grup Astra yang khusus bermain di bursa mobil bekas, Mobil 88. Tidak ada penaikan harga pada Agustus karena sudah terjadi pada Juli terdorong momentum menjelang lebaran.

General Manager Mobil 88 Leovan Widjaja menyampaikan kinerja penjualan selepas lebaran sama seperti yang terjadi pada Juli. "Karena ada penguatan kurs dolar. Dampakya, harga mobil bekas bertahan karena mobil baru menahan diskon," katanya.

Berbeda dengan tren di WTC Mangga Dua, penjualan Mobil 88 sejauh ini belum mengalami lonjakan harga. Contohnya, harga Toyota Avanza keluaran 2004 - 2013 masih di level Rp90 juta - Rp180 juta, Daihatsu Xenia sekitar Rp80 juta - Rp150 juta, dan Toyota Kijang Innova tetap di kisaran Rp100 juta - Rp280 juta.

"Kendaraan serba guna alias multi-purpose vehicle [MPV] hampir setiap bulan yang terbesar penjualannya. Porsi MPV terhadap total penjualan sekitar 60% sampai 65%," ujar Leovan saat dihubungi secara terpisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper