Clubman Bond Street Tak Mejeng di IIMS 2013

Bisnis.com, JAKARTA - MINI Clubman Bond Street yang baru dirilis Kamis (1/8/2013) dipastikan tidak ikut mejeng di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada September 2013.
Dini Hariyanti | 02 Agustus 2013 15:26 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - MINI Clubman Bond Street yang baru dirilis Kamis (1/8/2013) dipastikan tidak ikut mejeng di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada September 2013.

Head of MINI Indonesia Jentri W. Izhar mengatakan kendaraan yang dilabeli produk spesial itu tak diperuntukkan bagi konsumsi pengunjung IIMS.
"Clubman Bond Street tidak kami pamerkan di IIMS. Produk ini baru masuk diler hari ini [Kamis]," katanya kepada Bisnis ditemui di sela peluncuran Clubman Bond Street, Kamis malam (2/8/2013).

Varian Bond Street yang didatangkan PT BMW Indonesia, agen tunggal pemegang merek (ATPM) BMW dan MINI, adalah MINI Cooper S Clubman. Mobil ini dibanderol Rp649 juta per unit secara off the road atau sebelum pajak. Tak ada target penjualan mobil ini secara khusus.

Jentri memastikan sebanyak apapun permintaannya di dalam negeri bakal dipenuhi. Waktu yang diperlukan untuk mendatangkan Clubman Bond Street sejak pemesanan awal hingga pengapalan selesai antara 3 hingga 5 bulan.

Kendati Bond Street tidak ada di IIMS bukan berarti pamor seri ini jongkok. Varian Cooper S justru special edition yang hanya diproduksi tahun ini dan tahun depan saja.

"Di IIMS kami akan menampilkan produk terbaru lagi. Bisa dua atau tidak seri baru yang akan dipamerkan," ucap Jentri.

IIMS yang akan berlangsung pada 19 - 29 September mematok target 380.000 pengunjung lebih banyak dari 2012 yang hanya 368.000 orang. Ini terdorong bertambahnya jumlah ATPM serta ramainya kendaraan hemat energi baru yang akan dipamerkan.

Tahun ini IIMS akan diramaikan 36 ATPM terdiri dari 27 kendaraan penumpang dan 9 kendaraan niaga. Jumlah ini naik dibanding dengan 2011 sebanyak 32 ATPM dan 35 ATPM pada.

"Kami tidak ada target nilai transaksi yang akan dicapai. Tapi tahun lalu kami berhasil menjual 85 unit semoga tahun ini naik," tutur Jentri lagi.
Selain bertransaksi melalui ajang IIMS, pembelian MINI biasanya dilakukan langsung ke diler resmi. Lazimnya transaksi lewat diler mendapat keistimewaan.

Untuk Clubman Bond Street misalnya, konsumen akan mendapat MINI service inclusive bergaransi 5 tahun (setara 70.000 km). Selain itu juga gratis pemeliharan berkala dan garansi 2 tahun tanpa batas kilometer.

MINI Indonesia cuma punya 1 diler resmi di Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Pengelolaannya bekerja sama dengan PT Maxindo International Nusantara Indah. Tak hanya menjadi showroom dan tempat jual-beli atau lokasi perawatan mobil tapi juga sebagai pusat modifikasi kendaraan.

Product Planning Manager MINI Indonesia Dennis A Kadaruskan mengatakan mesin Clubman Bond Street varian Cooper S sengaja dirancang dengan penonjolan pada desain bukan spesifikasi mesin. Sejatinya, kendaraan ini berkapasitas 1.600 cc dengan 180 horse power dan 4 silinder twinscroll turbocharger 184 hp.

Teknologi turbo membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat yakni per liter dapat menempuh 14 kilometer. Kemampuan akselerasi dari kecepatan 0 kilometer hingga 100 kilometer cuma butuh 6,9 detik.

"Kami tawarkan pilihan untuk meningkatkan horse power menjadi sekitar 200. Tapi dengan konsep Bond Street yang ada memang sudah dibentuk secara lengkap. Konsumen yang mau customize sepertinya takkan memilih unit ini," ujar Dennis.

Warna midnight black metalik Bond Street selaras dengan warna cool champagne di bagian atap, tutup spion dan bagian bawah C-pillar. Strip pada kap mesin menghadirkan tampilan mencolok garis body MINI Clubman disertai wheelbase yang lebih panjang.

Tag : iims, mobil, mini clubman, bond street
Editor : Sepudin Zuhri
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top