Ini Tips Merawat AC Mobil Tetap Sejuk

Bisnis.com, JAKARTA--Kenyamanan dalam berkendara sangat dipengaruhi oleh faktor keadaan ruangan kabin yang dingin dan sejuk.
Emanuel Tome Hayon | 02 Agustus 2013 12:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Kenyamanan dalam berkendara sangat dipengaruhi oleh faktor keadaan ruangan kabin yang dingin dan sejuk.

Untuk itu, memperhatikan kondisi Air Conditioner (AC) pada sebuah kendaraan sangatlah mutlak mengingat AC adalah kunci utama yang bisa mengatasi kegerahan di jalan raya apalagi di bawah sengatan matahari.

Selain itu, ketidakberesan mesin pendingin sebuah mobil berdampak juga pada psikis pengemudi.

GM Service Division PT KIA Mobil Indonesia Ari T Soeharto menerangkan pemeriksaan dan perawatan secara rutin pada AC mobil akan menjaga kualitasnya.

Ari pun membagi beberapa tips perawatan AC.

Pertama, jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet2 lembar yang di depan karena akan tersedot ke dalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora yang sangat tidak baik buat kesehatan dan menimbulkan bau tak sedap  bila pertama kali AC dihidupkan.

Kedua, saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

Ketiga, memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

Keempat, periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.

 Kelima, jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

Keenam, sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.

Ketujuh, kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.

Sementara itu, hal yang paling penting dilakukan adalah perawatan rutin AC sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon.

Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.  (ra)  (foto: Otosia.com)

Tag : mobil, ac, aksesoris mobil
Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top