Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Murah: Petunjuk Teknis LCGC Diluncurkan Jumat (2/8/2013)

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian akan meluncurkan petunjuk teknis (juknis) mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) pada esok hari (2/8/2013)."Diusahakan Jumat," kata Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika (IATT) Kementerian Perindustrian,

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian akan meluncurkan petunjuk teknis (juknis) mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) pada esok hari (2/8/2013).

"Diusahakan Jumat," kata Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika (IATT) Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, menanggapi pertanyaan kapan juknis LCGC akan diumumkan.

Budi mengatakan juknis tersebut sudah jadi, hanya masalah administrasi di biro hukum Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Juknis itu antara lain mengatur penggunakan merek lokal untuk LCGC dan sejumlah kriteria teknis lainnya.

Budi juga menegaskan program LCGC akan tetap jalan meskipun sejumlah kalangan ada yang khawatir keberadaan mobil murah itu bakal menambah kemacetan, khususnya di Jakarta.

Menurutnya, dari ratusan kabupaten/kota di Indonesia, paling hanya sekitar 50 kabupaten/kota yang macet, selebihnya banyak daerah jauh dari kemacetan.

"Terlalu besar kalau hanya persoalan itu. Ini (LCGC) untuk kepentingan nasional dan industri kita".

LCGC, paparnya, menciptakan efek berantai berupa masuknya sekitar 60 industri komponen baru dan menyerap 30 ribu tenaga kerja baru, serta menumbuhkan sektor pembiayaan.

"Kebijakan ini (LCGC) memang tidak nyaman bagi importir (mobil), tapi nyaman bagi industri".(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper