Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OTOMOTIF: Menjajal All-New Range Rover di Medan Off Road Cikidang

Bisnis.com, SUKABUMI--Dengan penampilannya yang stylish dan elegan, ditambah desain yang ikonik mobil sport serbaguna (SUV) Land Rover ini mudah dikenali.

Mobil buatan Inggris ini dari generasi ke generasi memang perubahan dalam bentuk dan desainnya, begitu juga dengan kelengapannya. Bagaimana kehebatan dan kecanggihan SUV mewah ini?

PT Grandauto Dinamika, agen tunggal pemegang merek Land Rover di Indonesia, menggelar Amazing Experience Land Rover Off-Road Media Test Drive di Cikidang Golf/Country Club, Hunting Resort & Plantation Estate, Sukabumi, Jawa Barat, pekan lalu.

Kegiatan bernuansa petualangan ini khusus disajikan untuk merasakan langsung kehebatan, kemampuan, kecanggihan hingga kenyamanan model-model Land Rover yang dijual secara resmi oleh Grandauto Dinamika .

Mobil yang disediakan adalah SUV pertama paling ringan di dunia All-New Range Rover Vogue (bensin dan diesel), Range Rover Evogue dan Discovery4 untuk diuji di lintasan off-road. Track off –road dengan medan tanah dan gravel di Cikidang telah dibuat sedemikian rupa untuk menantang para tester dan SUV kelas dunia ini mengeluarkan kemampuannya.

Hujan deras yang mengguyur Cikidang sejak malam hari sebelum acara dimulai sampai siang hari saat acara dimulai, membuat lintasan sangat ekstrem, licin dan terjadinya genangan air. Namun hal itu tak menyurutkan untuk menguji semua kendaraan yang sudah disiapkan.

SUV mewah dengan roda atau ban standar untuk jalan raya diuji di jalan tanah basah, pada jalur tertentu ada genangan air setinggi kurang lebih 30 cm bak kubangan. Pada bagian lain jalan tanah dengan situasi licin. Belum lagi medan yang menanjak tinggi, kemudian jalan turun yang menukik curam.

Walau jalur yang ditempuh jaraknya tidak terlalu panjang, kurang dari 1 kilometer, tapi medan yang harus dilewatinya penuh dengan tantangan. Khusus untuk All-New Ranger Rover, Evoque dan Discovery yang diuji kemampuannya ini melintasi  medan off-road  dengan menggunakan ban on-road (jalan raya). Namun berkat kecanggihan yang dimiliki Land Rover, tantangan itu dapat dilewati dengan aman dan nyaman.

Semua model Land Rover ini memiliki kemampuan off-road yang luar biasa. Berbagai fitur berteknologi tinggi menjadi standard. Sebut saja Hill Descent Control (HDC), Hill Start Assist (HSA), Electronic Traction Control (ETC), Dynamic Stability Control (DSC), Roll Stability Control (RSC) hingga E-Differential, Air Suspension.

Semua fitur tersebut membuat kendaraan melaju di jalanan dengan kondisi penuh kerikil, rumput, bersalju, lumpur ataupun pasir tetap nyaman, aman dan mengasyikan.

All-New Range Rover Vogue adalah kendaraan SUV 'pintar'.  Mobil seharga Rp 3,4 miliar (mesin bensin) dan Rp3 miliar (mesin diesel) ini dengan mudah dan terasa enteng  menanjak pada jalan tanah licin secara mudah.

Begitu juga saat menelusuri jalan turun yang curam, cukup lepaskan pedal gas dan rem, kendaraan meluncur dengan kecepatan yang bisa diatur secara otomatis.

Hal ini berkat kecanggihan teknologi yang dimilikinya seperti fitur terkini All Terrain Performance dengan Terrain Response, dimana fitur ini dapat mengontrol secara otomatis dengan mengoptimalkan kendaraan. Dengan adanya fitur ini All-New Range Rover Vogue dapat menyesuaikan segala kondisi medan.

All-New Range Rover memiliki mesin performa tinggi, berkapasitas 5.0L S/C (supercharge) V 8 yang menghasilkan tenaga kuda 510 PS. Sementara itu versi mesin dieselnya berkapasitas 4.4 liter V8 dengan tenaga 340 HP dan torsi besar 700Nm. Mobil ini memiliki transmisi otomatis 8-speed yang perpindahannya sangat halus dan presisi.

Amazing Experience Land Rover Off-Road Media Test Drive menjadi bukti bahwa Range Rover tak hanya asyik untuk melaju di jalan raya, tapi juga mampu dengan nyaman melintasi lintasan jalan berlumpur, jalan berkerikil, tanjakan dan turunan yang curam dengan penuh tantangan.

Chief Operating Officer PT Grandauto Dinamika Darwin Maspolim menyatakan pasar untuk Land Rover di Indonesia cukup menjanjikan. Meski mulai di kirim Februari tahun ini sejumlah pesanan telah mengalir. All-New Range Rover (bensin dan diesel) sedikitnya telah dipesan 50 unit, Range Rover Evogue (20 unit). Belum lagi model Discovery, Defender dan Freelander.

“Total penjualan sampai saat ini cuma beberapa puluh. Dalam  1 tahun ini target penjualan kami 300 unit," kata Darwin Maspolim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herry Suhendra
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper