Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VW Berminat Bangun Pabrik Perakitan Mobil Di Sumut

BISNIS.COM, MEDAN –Volkswagen Group, produsen mobil dan pelaku industri manufaktur terbesar di Eropa, berminat membangun pabrik perakitan mobil di Sumatra Utara.   Keinginan perusahaan otomotif berbasis di Wolfsburg, Jerman itu disampaikan

BISNIS.COM, MEDAN –Volkswagen Group, produsen mobil dan pelaku industri manufaktur terbesar di Eropa, berminat membangun pabrik perakitan mobil di Sumatra Utara.
 
Keinginan perusahaan otomotif berbasis di Wolfsburg, Jerman itu disampaikan langsung oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel kepada Sekretaris Provinsi Sumut Nurdin Lubis di Kantor Gubernur Jalan Diponegoro, Rabu (20/3), malam.
 
Situs resmi Volkswagen (VW) menyebutkan perusahaan memiliki 100 pabrik yang tersebar di 19 negara Eropa, Amerika, Asia, dan Afrika. Total karyawan mencapai 550.000 orang yang setiap minggu memproduksi 37.700 unit kendaraan. Produk dipasarkan ke 153 negara.
 
Dalam siaran pers yang diterima Bisnis dari Pemprov Sumut, Kamis (21/30), Georg mengatakan VW, mercedes, dan BMW telah memiliki pabrik perakitan di China. Indonesia pasar mobil besar, tetapi belum ada pabrik perakitan, sehingga perlu dibangun.  
 
“Kami ingin investasi di Indonesia, mudah-mudahan lokasinya di Sumut karena untuk investasi di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi sudah terlalu penuh dan mahal,” tambahnya lagi.  
 
Dubes mengungkapkan dalam memilih lokasi investasi, VW mempertimbangkan berbagai syarat, terutama pelabuhan yang mampu mendistribusikan produksi, kepastian energi listrik, tenaga kerja tidak mahal, dan ketersediaan tenaga ahli.  
 
"Ketika VW merakit mobilnya di sini, mereka juga mempertimbangkan kelancaran distribusi pemasaran produknya" ujarnya.
   
Menanggapi rencana ini, Sekda Pemprov Sumut Nurdin Lubis mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dan akan memberikan dukungan. Pemprov, jelasnya, pada saat ini membuka seluas-luasnya kemudahan investasi bagi swasta asing di Sumut, termasuk Jerman.  
 
"Sumut cukup potensial menjadi lokasi investasi, apalagi akan dikembangkannya Sumut sebagai pusat pertumbuhan Indonesia bagian Barat melalui program MP3EI [Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia]," ujarnya. (if)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Erna S.U. Girsang

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper