Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekad Bertahan Porsche di Era Perubahan

Porsche 911 terbaru tiba di rumah Wolfgang Heinz Porsche, anggota dari dinasti keluar Porsche, di Schuettgut di kota Austria. Di sana, generasi terbaru 911 bertemu dengan leluhurnya, 911 buatan 1964. Apa yang membuat Porsche tetap melegenda, dan bagaimana menghadapi perubahan cepat era mobilitas?
Porsche 911. /Porsche
Porsche 911. /Porsche

Bisnis.com, STUTTGART - Porsche 911 terbaru tiba di rumah Wolfgang Heinz Porsche, anggota dari dinasti keluar Porsche, di Schüttgut, kota di Austria. Di sana, generasi terbaru 911 bertemu dengan leluhurnya, 911 buatan 1964. Apa yang membuat Porsche tetap melegenda, dan bagaimana menghadapi perubahan cepat era mobilitas?

Wolfgang Heinz Porsche adalah manajer Austria dan anggota dinasti keluarga Porsche. Dia adalah pemegang saham dan ketua Dewan Pengawas Porsche Automobil Holding SE dan Porsche AG. Dia adalah putra bungsu dari Ferdinand Porsche dan Dorothea Reitz. Kakak sulungnya adalah Ferdinand Porsche, perancang Porsche 911.

Mengutip kata-kata penulis Prancis, Victor Hugo, Wolfgang Porsche menyampaikan bahwa, “Masa depan memiliki banyak nama. Untuk yang lemah, itu berarti tidak mungkin tercapai. Bagi yang takut, itu berarti yang tidak diketahui. Bagi yang berani, itu berarti kesempatan."

Tentu, dimensi masa depan tetap relevan dengan masa sekarang, juga masa lalu di belakang. Kehadiran generasi baru Porsche 911 menarik untuk dibahas, dan tidak kalah menarik adalah soal seperti apa mobilitas di masa depan.

Selama beberapa dekade, mobilitas telah berputar di sekitar mobil sebagai sarana transportasi, simbol status, dan sumber kesenangan yang menyenangkan dalam gerak. Akan tetapi, cara-cara tradisional untuk berpindah dari satu tempat ke tempat tampak telah mencapai titik balik.

Masyarakat telah hidup di zaman dengan banyak sarana mobilitas. Perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi modern saat ini tidak saja memungkinkan manusia ke berbagai belahan dunia dan sepanjang waktu, tetapi juga telah memungkinkan manusia di banyak tempat dalam waktu bersamaan.

Konferensi video bisa dilakukan tatkala sedang dalam perjalanan bisnis, obrolan dengan teman-teman di malam hari, rumah menggantikan stasiun kerja di perusahaan, lalu ada laptop berdiri menemani perjalanan belanja akhir pekan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mobilitas virtual suatu hari akan menggantikan mobil.

Saat ini, manusia hidup di tengah industri yang sedang berubah cepat. Peristiwa dan perkembangan baru muncul dengan kekuatan dan dinamisme yang menakjubkan. Masyarakat, kebijakan, ekonomi, dan bahkan dunia berubah dengan kecepatan cahaya. Dan, dekade berikutnya akan membawa lebih banyak perubahan ke dunia otomotif.

Transformasi digital menentukan cara berpikir

Bagi Porsche, situasi yang berkembang makin cepat itu akan membuatnya bertumbuh di area yang tidak terbayangkan sebelumnya. Transformasi digital telah menentukan cara berpikir.

Orang-orang muda dengan ide-ide dan pandangan baru mengubah pola pikir masyarakat. Apa yang diharapkan pelanggan dari mobil dan dari mobilitas secara umum, baik sekarang dan di masa depan?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini membutuhkan pemikiran ulang seluruh pendekatan. Mungkin tidak perlu untuk menemukan kembali roda, tetapi hanya tentang hal lain.

Ketika Anda melakukan perubahan, Anda membutuhkan keberanian untuk mencoba hal-hal baru dan mengambil kebebasan. Anda harus mengubah perspektif Anda. Anda perlu memiliki struktur berpikir terbuka, bebas, dan cerdas.

Kreativitas selalu membutuhkan tingkat kebebasan tertentu "dari aturan" dan lebih sedikit kendala birokrasi. Hal ini memungkinkan perusahaan bergerak lebih cepat, lebih fokus, lebih fleksibel, dan di atas segalanya, lebih ramping.

Hal lain yang penting bagi perusahaan seperti Porsche adalah selalu berpikir dari sudut pandang pelanggan. Porsche perlu memahami pelanggan sebanyak mungkin. Hanya akan ada satu standar untuk semua mobil, dan semua layanan masa depan. Itulah pelanggan.

Akan tetapi di mana semua ini menuntun kita? Apa sebenarnya tujuan kita? Mengingat kecepatan dan ketidakpastian perkembangan saat ini, tampaknya hampir tidak mungkin untuk mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan.

Namun perusahaan harus terus berusaha menyingkirkan awan dan melihat ke depan. Karena sebagai pemimpin bisnis, Porsche harus membuat keputusan strategis yang tepat hari ini untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga bisa menangkap momentum besok, dan lusa.

Keberanian berubah

Porsche perlu terlibat secara proaktif dalam persaingan global untuk inovasi. Dan itu membutuhkan keberanian di atas segalanya: keberanian untuk berubah, dan keberanian untuk menempa jalannya sendiri ke masa depan. Karena di masa yang sangat tidak stabil, penting untuk menunjukkan profil yang jelas dan tidak salah.

Namun, bagaimana merek dapat tetap otentik dan unik jika terus-menerus harus beradaptasi dengan lingkungan yang sedang mengalami perubahan cepat? Bagaimana pembaruan dapat terjadi tanpa kehilangan identitas seseorang?

Ini mengingatkan pada Meisterkreis, sebuah asosiasi individu, perusahaan, dan institusi yang bekerja bersama untuk mempromosikan budaya keunggulan di Jerman. Beberapa waktu lalu, Meisterkreis menerbitkan sebuah buku, yang di antara bagian menarik tentang Porsche dan eksperimen pikiran yang dikenal sebagai paradoks Theseus.

Theseus adalah tokoh dalam mitologi Yunani yang membawa kapalnya ke pelabuhan secara berkala untuk perbaikan. Setiap kali, beberapa papan harus diganti — sampai pada titik tertentu kapal tidak lagi memiliki bagian aslinya. Pemilik pelabuhan kemudian merakit kapal yang benar-benar baru dari bagian-bagian yang diganti. Sekarang ada dua kapal yang hampir identik yang hanya berbeda di usia bagian mereka.

Para filsuf telah lama merenungkan pertanyaan menarik yang muncul: kapal mana yang sekarang asli? Yang “lama”, semua bagiannya masih baru? Atau yang "baru", semua bagiannya sudah tua? Tidak ada jawaban yang jelas — jika tidak, eksperimen pikiran ini tidak akan menjadi sebuah paradoks.

Perumpamaan tentang kapal Theseus memberi dua wawasan. Pertama, pembaruan dimungkinkan tanpa kehilangan identitas. Dan kedua, keseluruhannya lebih besar dari jumlah bagian-bagiannya. Ada inti penting yang tetap utuh, bahkan jika semua yang ada di sekitarnya benar-benar baru.

Jika ini diterapkan pada Porsche, pertanyaannya adalah: apa sebenarnya 911 yang sebenarnya? 911 asli tahun 1963? Satu-juta 911 yang meluncur dari lini produksi Zuffenhausen pada pertengahan 2017? Atau 911 terbaru yang merayakan premier dunianya hanya beberapa hari yang lalu di Los Angeles?

Porsche, tentu saja, terus memperbarui 911 selama bertahun-tahun dan dilengkapi dengan teknologi baru yang inovatif. Tidak satu pun komponen dari 911 hari ini identik dengan pendahulunya dari tahun 1960-an. Tetapi inti penting mobil sport Porsche yang ikonik tetap sama selama lebih dari 50 tahun.

Porsche akan selalu menjadi Porsche

Karena bukan detail teknis yang membentuk identitas 911 — sama seperti bukan papan individu yang menentukan identitas kapal. Kuncinya adalah mempertahankan esensi otentik. Dan Wolfgang Heinz Porsche pun tahu bahwa tidak ada mobil lain yang, terlepas dari semua perubahan dalam teknologi dan desain, tetap sama konstannya dengan 911.

Hal yang sama berlaku untuk merek dan perusahaan Porsche. Perubahan terjadi dengan cepat di sekitar. Pelanggan mengubah harapan mereka tentang mobil sport Porsche dan mobilitas secara umum. Porsche jelas perlu mengantisipasi perkembangan ini dan memasukkannya ke dalam produk dan layanan baru yang berorientasi masa depan.

Akan tetapi apakah itu berarti Porsche berhenti menjadi diri sendiri sebagai Porsche? Tidak, karena esensi dari merek Porsche telah menjadikannya seperti sekarang dan apa yang akan dilakukan di masa depan.

Identitas Porsche yang tanpa kompromi dan jelas dapat dikenali akan bertahan bahkan jika segala sesuatu di sekitar berubah. Keberhasilan dalam inovasi berarti terus mempertanyakan segalanya tanpa kehilangan struktur, properti dasar, dan identitas yang telah terbukti.

Jika ada sesuatu yang sangat bagus di Porsche, itulah itu. Apakah dengan sistem penggerak listrik atau konvensional, apakah menawarkan kesenangan berkendara murni di arena balap atau otonom, lokomotif yang terhubung di kota-kota, baik sebagai pembuat mobil sport atau penyedia layanan inovatif — Porsche akan selalu menjadi Porsche.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper