Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Beberkan Proyeksi Penjualan usai Gaikindo Revisi Target 2024

Toyota membeberkan proyeksi penjualan usai Gaikindo merevisi target 2024.
Seremoni peluncuran Toyota Hilux Rangga di Jakarta pada Selasa (15/10/2024). - Bisnis/Rizqi Rajendra
Seremoni peluncuran Toyota Hilux Rangga di Jakarta pada Selasa (15/10/2024). - Bisnis/Rizqi Rajendra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dinaungi oleh PT Astra International Tbk. (ASII) membeberkan proyeksi penjualan mobil usai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merevisi target dari 1,1 juta unit menjadi 850.000 unit pada 2024.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan revisi target dari Gaikindo itu berdasarkan capaian penjualan mobil secara wholesales sepanjang 2024 yang terkoreksi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

"Karena akan sulit kembali ke level 1 juta unit [seperti] tahun lalu, mengingat, tinggal dua bulan tersisa," ujar Anton kepada Bisnis, dikutip Sabtu (26/10/2024).

Gaikindo melaporkan sepanjang Januari - September 2024, total penjualan mobil secara wholesales tercatat sebesar 633.218 unit atau turun 16,2% YoY dari periode sama 2023 sebesar 755.778 unit.

Sementara itu, penjualan ritel juga turun 11,9% YoY menjadi 657.223 unit pada 9 bulan pertama 2024, dibandingkan 746.246 pada periode yang sama 2023.

Anton pun membeberkan proyeksi penjualan mobil secara nasional hingga akhir tahun. Menurutnya, penjualan ritel atau dari diler ke konsumen, akan lebih tinggi dibandingkan wholesales atau dari pabrik ke diler.

"Namun, biasanya angka wholesales lebih tinggi, tahun ini trennya terlihat angka retail sales sedikit lebih tinggi. Sehingga, mungkin secara wholesales semoga bisa menembus 850.000 unit, sedangkan retail bisa lebih mendekati ke 900.000," paparnya.

Kendati demikian, Toyota tidak menetapkan angka spesifik untuk target penjualan perseroan. Anton mengatakan perseroan sangat berharap setidaknya pencapaian Toyota tahun ini masih berada di posisi pertama dengan market share di atas 30%.

Salah satu strategi Toyota untuk mengerek penjualan yaitu perseroan telah meluncurkan kendaraan komersial baru yakni All New Hilux Rangga pada 15 Oktober 2024. Menurutnya, kedatangannya disambut positif oleh masyarakat yang merasa bahwa model ini bisa memenuni berbagai kebutuhan mobilitas mereka. 

"Semoga ini  bisa menjadi salah satu stimulus penjualan menuju akhir tahun bagi kami. Tidak lupa Toyota juga akan terus hadir selama masyarakat menikmati libur Nataru nanti lewat berbagai layanan mobilitas yang tersedia," pungkas Anton.

Adapun, ditinjau berdasarkan mereknya, penjualan mobil secara wholesales tertinggi masih diraih oleh Grup Astra, yakni Toyota dan Daihatsu masing-masing sebesar 25.454 unit dan 12.676 unit pada September 2024.

Berturut-turut, penjualan mobil terlaris selanjutnya, yaitu Honda sebesar 7.926 unit, Mitsubishi 5.824 unit, dan Suzuki 5.183 unit.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper