Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Mobil Toyota yang 'Diberkati' Paus: Zenix, Raize hingga Sienta

Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus kerap memilih mobil Toyota dalam perjalanan Apostoliknya di Asia Pasifik. Zenix, Raize hingga Sienta
Paus Fransiskus menyapa orang-orang selama kunjungan apostoliknya ke Asia Tenggara, di Dili, Timor Leste, 9 September 2024. REUTERS/Lirio da Fonseca
Paus Fransiskus menyapa orang-orang selama kunjungan apostoliknya ke Asia Tenggara, di Dili, Timor Leste, 9 September 2024. REUTERS/Lirio da Fonseca

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dinaungi oleh PT Astra International Tbk. (ASII) kian semringah, pasalnya, Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus kerap memilih mobil Toyota dalam perjalanan Apostoliknya di Asia Pasifik.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Paus Fransiskus menumpangi Innova Zenix saat berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Kemudian dilanjut dengan Toyota Raize di Papua Nugini, dan kini Sri Paus menaiki Toyota Sienta di Timor Leste pada Senin (9/9/2024).

Marketing Director Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan pihak Toyota tidak melakukan kerja sama khusus dengan pihak panitia kunjungan Paus. Artinya, pemilihan mobil-mobil yang 'merakyat' itu murni merupakan keinginan Paus.

"Alasannya karena memang Kijang Innova Zenix merupakan model yang sangat umum digunakan di Indonesia ya. Apalagi keputusan beliau untuk lanjut menggunakan Toyota Raize dan Toyota Sienta di Papua Nugini dan Timor Leste juga merupakan hal yang di luar kuasa kami," ujar Anton kepada Bisnis, dikutip Selasa (10/9/2024).

Menurutnya, sangat mungkin Raize dan Sienta menjadi kendaraan yang umum digunakan oleh masyarakat di Papua Nugini dan Timor Leste, sehingga dipilih oleh Paus Fransiskus sebagai kendaraan dinasnya selama berada di sana. 

"Terlepas dari itu, tentunya Toyota sangat bersyukur bahwa kendaraan kami bisa terus dipilih menjadi kendaraan dinas Paus selama perjalanannya apostoliknya di Asia Pasifik dan berharap semoga semua agenda beliau selama kunjungan bisa berjalan dengan lancar dan aman," pungkas Anton.

Diberitakan sebelumnya, Panitia Kunjungan Paus Fransiskus mengungkap alasan mengapa Pemimpin Tahta Suci Vatikan itu menolak menggunakan mobil mewah dan memilih mobil yang merakyat saat berkunjung ke Indonesia.

Padahal, mayoritas kepala negara pada umumnya kerap menggunakan mobil mewah hingga mobil antipeluru selama berkunjung ke negara lain. Apalagi, Paus Fransiskus bukan hanya kepala negara Vatikan, tetapi juga pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia.

"Paus memilih mobil biasa, bukan mobil mewah, karena ia seorang yang sangat sederhana. Ia menjalankan apa yang diyakini," ujar Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Anthonius Gregorius kepada Bisnis, Selasa (3/9/2024).

Spesifikasi Innova Zenix, Sienta & Raize

Menilik spesifikasinya, Innova Zenix terdiri dari dua varian, yakni tipe hibrida (hybrid electric vehicle/HEV), dan varian bensin.

Untuk versi bensin, Innova Zenix dibekali mesin berkode M20A-FKS 2.0 liter. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 171 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 204 Nm di putaran 4.500 – 4.900 rpm. Untuk transmisinya menggunakan CVT.  

Sementara itu untuk Innova Zenix versi hybrid dibenamkan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter. Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 149 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400 – 5.200 rpm. 

Sementara itu dari sisi interior, konfigurasi kabin mobil ini memiliki ruang kabin yang luas, Innova Zenix dapat mengangkut  hingga 7 penumpang dewasa. Fitur kenyamanan, selain panoramic sunroof, Innova Zenix juga sudah disematkan fitur lain yang bisa memberi kenyamanan pada pengemudi dan para penumpang ketika berkendara. 

Untuk harga, Innova Zenix bensin tipe G dibanderol mulai Rp430,4 juta, sedangkan tipe V dipatok mulai Rp476,2 juta. Sementara itu, Innova Zenix Hybrid dihargai senilai Rp477,6 juta. 

Beralih ke Sienta, mobil MPV itu punya salah satu ciri khas Sienta yaitu sliding door yang memberikan kesan minimalis namun tetap modern dan elegan pada tampilan eksteriornya. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Menilik jantung pacunya, mobil ini dibekali mesin 1.500 cc, DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi dual VVT-i. Adapun, Sienta memiliki transmisi CVT.

Di atas kertas, dengan dibekali dapur pacu tersebut, Toyota Sienta diklaim mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 107 PS/ 6.000 RPM.

Beralih ke sisi interiornya, Sienta memiliki New Premium 6,8 AVX Touchscreen Head Unit. Selain itu, kehadiran Optitron Combination Meter with 4,2 TFT Screen Mid dapat membantu menginformasikan pengendara terkait kondisi mobil.

Kendati demikian, di Indonesia Toyota Sienta telah disuntik mati, alias sudah tidak lagi diproduksi sejak Januari 2023. Alhasil, saat ini konsumen sudah tidak bisa membeli unit Sienta terbaru dari dealer Toyota.

Terakhir, Toyota Raize merupakan mobil segmen sport utility vehicle (SUV). Bicara soal spesifikasi mesin Toyota Raize, ini ditenagai dua pilihan mesin bensin berkapasitas 998 cc. Raize tersedia dengan transmisi manual and CVT tergantung variannya. 

Raize adalah SUV yang dapat mengangkut 5 penumpang dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, wheelbase 2.525 mm. serta ground clearance 200 mm. Harga Toyota Raize di Indonesia dibanderol mulai Rp238,7 juta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper