Kesalahan Sepele yang Mesti Dihindari saat Rental Mobil

Menggunakan layanan rental mobil saat ini bukan lagi perkara sulit, sob. Karena pemesanannya cukup mudah dapat dilakukan melalui berbagai channel dan platform.
Foto: Kesalahan Sepele yang Mesti Dihindari saat Rental Mobil
Foto: Kesalahan Sepele yang Mesti Dihindari saat Rental Mobil

Bisnis.com, JAKARTA - Menggunakan layanan rental mobil saat ini bukan lagi perkara sulit, sob. Karena pemesanannya cukup mudah dapat dilakukan melalui berbagai channel dan platform.

Tapi meski begitu, masih ada saja orang yang kerap membuat kesalahan saat hendak menggunakan layanan rental mobil.

Jika Sobat TRAC baru pertama kali menggunakan layanan rental mobil, maka sebaiknya bacalah informasi berikut ini. Hindari kesalahan-kesalahan kecil yang bisa saja berpotensi memunculkan kerugian.

7 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Rental Mobil

Ngasal Memilih Penyedia Layanan Rental Mobil

Meningkatnya permintaan masyarakat dengan jasa rental mobil membuat munculnya banyak perusahaan penyewaan kendaraan bermunculan. Sayangnya, ada saja perusahaan nakal yang memberikan pelayanan tak seindah penawarannya.

Luangkan sedikit waktu untuk melakukan pengecekan kredibilitas dengan membaca ulasan-ulasan di jejaring online, seperti kolom komentar pada media sosial serta ulasan di google.

Tergiur harga murah

Kesalahan kedua ini biasanya sangat berkaitan dengan kesalahan yang pertama. Umumya, layanan rental mobil di suatu daerah memiliki standar harga yang tak terlalu jauh. Jika sobat mendapatkan harga yang sangat murah maka tak ada salahnya untuk waspada.  

Minta penjelasan atas biaya yang dikeluarkan sedetail mungkin dan bandingkan dengan perusahaan rental mobil lainnya di kota tersebut.

Jangan sampai dibebankan dengan banyaknya biaya tambahan (add-ons) yang tentu dapat menguras kantong. Lebih buruknya lagi, jangan sampai sobat terjebak dengan perusahaan rental bodong alias penipuan.

Melakukan pemesanan dadakan

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah melakukan pemesanan secara mendadak. Jika memang perjalanan telah direncanakan sejak lama maka tak ada salahnya melakukan pemesanan sejak jauh hari.

Dengan memesan dari jauh hari, sobat bisa leluasa memilih jenis armada yang digunakan. Selain itu juga tentunya sobat akan jauh lebih tenang menyiapkan perjalanan lantaran tak perlu cemas dengan ketersediaan armada. 

Melakukan pembayaran tanpa verifikasi rekening

Sebaiknya lakukan transaksi pada platform terpercaya. Sebisa mungkin hindari melakukan transfer dana langsung ke rekening atas nama pribadi, apalagi langsung melakukan pembayaran penuh.  

Apabila sangat terpaksa maka lakukan pengecekan rekening sebelum melakukan transfer, dan pastikan rekening tujuan atas nama perusahaan. Validasi rekening bisa dilakukan lewat laman https://cekrekening.id/ yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Memberikan terlalu banyak data pribadi

Hal ini biasanya terjadi saat sobat memilih rental mobil lepas kunci. Tak jarang penyedia jasa akan meminta beberapa data pribadi sebagai “jaminan”.

Bahkan di beberapa tempat masih ada yang melakukan penahanan sejumlah kartu identitas, meski akan dikembalikan saat pengembalian kendaraan. Jika memungkinkan, hindari memberikan terlalu banyak data pribadi termasuk data perjalanan.  

Tidak mendokumentasikan kondisi mobil sebelum serah terima

Kesalahan satu ini juga biasanya terjadi di rental mobil lepas kunci karena selama penggunaan, mobil akan sepenuhnya menjadi bertanggung jawab penyewa.

Sebelum serah terima, petugas rental mobil biasanya akan melakukan inspeksi dan pengecekan dengan mendokumentasikan kondisi mobil saat diantar dan dijemput. Tak ada salahnya juga ikut merekam dan menyimpan dokumentasinya.

Salah perhitungan waktu pemakaian

Cek kembali jadwal perjalanan dan ketentuan rental mobil dari penyedia jasa yang dipilih. Untuk layanan rental mobil dengan pengemudi umumnya penggunaan akan dihitung mulai dari 4 hingga 12 jam.

Sedangkan rental mobil lepas kunci berdurasi maksimal 24 jam. Jangan ragu untuk bertanya perihal denda overtime apabila benar-benar diperlukan.

Saat ini rental mobil cukup menjadi pilihan saat memerlukan dukungan transportasi darat. Agar selalu aman dan nyaman, pilih layanan rental mobil yang punya kredibilitas baik, berpengalaman, serta pilihan armada yang beragam.

Dengan rekam jejak yang baik selama lebih dari 36 tahun di sektor transportasi, TRAC hadir untuk melayani kebutuhan perjalanan bagi pelanggan korporat maupun perorangan.

Untuk kebutuhan personal, sobat bisa dengan mudah melakukan pemesanan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper