Cara TRAC Menghasilkan Pengemudi Berkualitas

Saat melakukan perjalanan, keamanan harus jadi prioritas. Jelas, seindah apapun destinasi yang dituju, akan sia-sia jika perjalanannya tidak dapat dinikmati.
Foto: Cara TRAC Menghasilkan Pengemudi Berkualitas
Foto: Cara TRAC Menghasilkan Pengemudi Berkualitas

Bisnis.com, JAKARTA - Saat melakukan sebuah perjalanan, keamanan harus jadi prioritas utama. Jelas, seindah dan semewah apapun destinasi yang dituju, hanya akan sia-sia jika perjalanannya tidak dapat dinikmati karena alasan keselamatan. Baik soal kendaraan maupun pengemudinya.

Terlebih jika Sobat TRAC pergi menggunakan layanan rental mobil. Selain mempertimbangkan jenis dan kondisi mobil yang digunakan, sobat juga mesti memastikan kualitas pengemudi. Sebab, selama di jalan, kenyamanan dan keamanan sobat berada dibalik setir kemudinya. Jadi, jangan asal pilih rental mobil ya!

Tentu ada banyak faktor untuk mengenali kualitas seorang pengemudi. Baik dari cara berkendara, hingga standar etika dan grooming yang diterapkan. Perusahaan rental mobil yang baik, tentu sangat memahami hal tersebut. Salah satunya TRAC.

Hadir sebagai pionir layanan rental mobil dengan pengemudi, TRAC konsisten menerapkan standar tinggi demi menjaga kualitas seluruh pengemudinya. Mulai dari proses seleksi yang ketat, hingga pelatihan berkendara yang rutin dilakukan secara berkala.

Penasaran bagaimana cara TRAC menghasilkan pengemudi berkualitas? Berikut informasinya khusus buat sobat.

Proses Administrasi

Meski terdengar sepele, proses ini merupakan kualifikasi awal yang mesti dilalui oleh seluruh pengemudi TRAC. Beberapa dokumen yang harus dimiliki diantaranya, Ijazah, Surat Izin Mengemudi (SIM), hingga surat keterangan sehat.

Ijazah sebagai bukti legalitas kalau pengemudi TRAC bependidikan. Minimal merupakan lulusan SMA/SMK. Ini jadi syarat mutlak, sebab berkaitan dengan standar etika dan profesionalitas yang akan dijalankan.

Selain itu, TRAC juga mewajibkan seluruh pengemudinya memiliki SIM A yang masih aktif. Sehingga pengemudi telah memiliki bekal yang cukup tentang aturan berkendara dan lalu lintas, untuk menghindari segala bentuk pelanggaran di jalan.

Sedangkan surat keterangan sehat dokter jadi syarat administrasi terakhir. Sebagai bukti kalau pengemudi TRAC memiliki kondisi fisik yang baik, untuk menjamin kemanan dan keselamatan saat berkendara.

Rangkaian Tes

Setelah selesai melewati seleksi administratif, selanjutnya pengemudi TRAC harus menyelesaikan berbagai ujian. Baik yang sifatnya tertulis maupun praktek. Setidaknya ada 4 tes yang mesti dilalui.

Tes Berkendara

Sesuai dengan tugas utamanya, tes ini bertujuan untuk melihat tingkat keahlian berkendara dengan pengawasan yang ketat. Ada beberapa indikator yang jadi penilaian. Diantaranya, cara memegang setir, cara berakselerasi, teknik pengereman hingga manuver, serta pengetahuan tentang jarak iring mengemudi

Pengemudi TRAC dituntut untuk memiliki skill berkendara yang mumpuni. Demi menjamin kenyamanan dan keselamatan konsumen selama di perjalanan.

Tes Pengetahuan dan Wawasan

Tes ini merupakan ujian tertulis untuk menguji pengetahuan pengemudi tentang sebuah kawasan. Karena akan menghabiskan banyak waktu di jalan, pengemudi TRAC mesti tahu setiap informasi di tiap areanya bertugas. Seperti nama jalan hingga kondisi lalu lintasnya.

Dengan pemahaman jalan yang cukup, tentu akan menjadi modal penting saat bertugas. Sehingga dapat memitigasi jika ada kendala-kendala di jalan yang mungkin saja terjadi.

Interview

Tak jauh berbeda dengan proses inteview pada umumnya. Disini segala informasi tentang pengemudi TRAC akan digali. Baik informasi personal, maupun skill dan pengalaman.

Tes Behaviour Indicator

Yang terakhir merupakan ujian untuk mengetahui kebiasaan pengemudi saat berkendara. Seperti kepatuhan terhadap lalu lintas, pemahaman isyarat dari pengendara lain, serta pemamahan mendalam terhadap mobil yang dikemudikan.

Pelatihan Pengemudi Profesional

Lulus melewati rangkaian ujian, sebelum bertugas seluruh pengemudi TRAC akan dibekali dengan pelatihan pengemudi profesional tingkat dasar. Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan skill berkendara, agar senantiasa berorientasi pada keselamatan. Salah satunya teknik Defensive Driving.

Defensive Driving merupakan cara berkendara untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang tanpa terganggu oleh kondisi dan keadaan di sekitar. Pada teknik ini, pengemudi harus mampu memikirkan berbagai kemungkinan yang bisa mengganggu keselamatan selama di perjalanan beserta mitigasinya.

Untuk memastikan skill pengemudi, pelatihan ini juga rutin dilakukan secara berkala. Minimal 1 kali setiap tahunnya, TRAC akan mengasah kemampuan berkendara seluruh pengemudi untuk menjaga pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Standar Grooming dan Etika

Selain dituntut menghadirkan rasa aman, pengemudi TRAC juga mesti memberikan kenyamanan setiap bertugas. Ada beberapa standar yang mesti diterapkan terkait etika terhadap konsumen.

Standar etika ini mutlak dijalankan sebelum, saat dan setelah berkendara. Seperti memberi salam dan memperkenalkan diri, menawari minum yang tersedia di dalam mobil, membawakan barang, hingga menolak pemberian tip.

Gimana, udah siap jalan-jalan bareng TRAC? Tak hanya untuk urusan personal, layanan rental mobil dengan pengemudi TRAC juga bisa sobat manfaatkan untuk kegiatan bisnis. Yang pastinya akan memberi sobat pengalaman melintasi jalan dengan rasa aman dan nyaman.

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Jadi, kemanapun treknya pakai TRAC aja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper