Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyelidikan Rangka eSAF Honda Patah, Pengamat: Jangan Ada yang Ditutupi!

Kemenhub, KNKT, dan Astra Honda Motor didorong harus mampu menentukan penyebab rangka eSAF Honda yang patah, baik dari sisi bahan, proses, maupun desain.
Honda Beat Street 2022/Astra Honda
Honda Beat Street 2022/Astra Honda

Bisnis.com, JAKARTA – Penyelidikan terkait isu rangka smart architecture frame (eSAF) milik PT Astra Honda Motor atau AHM yang dituding mudah keropos dan patah perlu dilakukan secara transparan. 

Rangka eSAF merupakan desain struktur bagian depan yang terhubung dengan duduk pengendara pada sepeda motor.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memanggil Astra Honda Motor dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk membahas masalah ini secara komprehensif pada Senin (28/8/2023) lalu. 

Terkait hal tersebut, pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan permasalahan ini perlu dipelajari dengan seksama. Dia menuturkan, tim peneliti yang dibuat oleh Kemenhub, KNKT, serta Astra Honda Motor harus mampu menentukan penyebab banyaknya rangka eSAF yang rawan patah, baik dari sisi bahan, proses, maupun desain.

Dia juga menuturkan, Kemenhub sebagai regulator harus cepat tanggap dalam bertindak dan menyelesaikan kasus ini.

“Sebagai regulator seharusnya cepat bertindak karena kasus ini sudah gaduh di media sosial. Mereka harus meninjau ulang, adakah yang terlewat,” jelas Bebin saat dihubungi, Minggu (3/9/2023).

Selain itu, dia juga meminta AHM sebagai produsen untuk berani membuka diri, baik kepada regulator maupun konsumen, terkait masalah ini. Hal tersebut, menurutnya, perlu dilakukan agar produsen tidak kehilangan kepercayaan dari publik serta pengguna motor tersebut.

Dia mengatakan, sejauh ini produsen masih cenderung tertutup mengenai masalah rangka ini. Hal tersebut karena belum adanya jumlah kasus yang pasti terkait rangka eSAF serta upaya konsumen untuk melakukan klaim yang menurutnya terkesan dipersulit.

“Saya harapkan tidak ada usaha untuk menutupi masalah yang sebenarnya karena pada akhirnya publik akan tahu,” jelas Bebin.

Sebelumnya, Kemenhub telah membentuk tim penelitian bersama dengan KNKRdan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menangani isu patah dan korosi rangka Smart Architecture Frame (eSAF) yang dihebohkan dalam media sosial beberapa waktu terakhir. 

Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Danto Restyawan menyampaikan rapat klarifikasi ini bertujuan untuk menelusuri akar permasalahan serta meminta penjelasan soal rangka eSAF yang patah dan viral di media sosial.

"Pertemuan ini penting dilakukan karena kita perlu menelusuri dan meminta penjelasan kepada PT. AHM. Hal ini dilakukan tentu dalam rangka memastikan terwujudnya kendaraan bermotor yang berkeselamatan," ujar Danto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper