Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Terjadi Kerumunan Saat Nonton Konser

Akhir-akhir ini ada banyak sekali konser yang digelar di Indonesia terutama setelah pandemi melandai dan aturan PPKM dicabut.
Foto: Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Terjadi Kerumunan Saat Nonton Konser
Foto: Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Terjadi Kerumunan Saat Nonton Konser

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti yang Sobat TRAC ketahui, akhir-akhir ini ada banyak sekali konser yang digelar di Indonesia terutama setelah pandemi melandai dan aturan PPKM dicabut.

Sepertinya hampir setiap pekan ada saja konser artis dalam maupun luar negeri di berbagai kota. Ini memang mengasyikan sekaligus, bisa jadi membuat kewalahan.

Konser adalah cara yang fantastis untuk bersenang-senang, menikmati musik yang bagus sambil mendekatkan diri dengan teman-teman. Meski larut dalam konser, namun penting untuk diingat bahwa keselamatan harus selalu didahulukan.

Salah satu risiko paling rentan saat menonton konser adalah kemungkinan terjadinya kerumunan. Kerumunan dapat terjadi ketika sekelompok besar orang menjadi panik dan mengakibatkan kekacauan yang membuat sulit untuk menyelamatkan diri. Hal ini dapat menyebabkan bahaya serius atau bahkan tragedi dalam skala tertentu.

Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan seperti itu, penting untuk menyadari potensi risiko saat menghadiri konser yang ramai dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Jadi, lebih berhati-hati saat nonton konser ya Sobat TRAC!

5 Tips Aman Saat Terjadi Kerumunan Dalam Konser
 

  1. Datang lebih awal dan tentukan jalur keluar

    Salah satu cara paling efektif untuk menghindari kerumunan adalah datang lebih awal dan menyusun strategi untuk jalan keluar. Hal ini termasuk mengerti tata letak venue, mengidentifikasi jalan keluar bahkan menyusun rute penyelamatan diri.

    Penting juga untuk memastikan bahwa teman-teman Sobat TRAC juga mengetahui rute ini sehingga semua orang tetap aman jika terjadi keadaan darurat.

  2. Tetap tenang dan jangan mendorong

    Jika terjadi kerumunan, hal yang paling penting adalah untuk tetap tenang dan jangan terlibat dalam dorong-mendorong. Karena hal itu dapat mencegah terjadinya peningkatan kerumunan sekaligus mengurangi risiko cedera.

    Untuk itu bergeraklah dengan tenang menuju pintu keluar terdekat dan ikuti orang-orang apabila mereka bergerak dengan teratur.

  3. Hindari baris paling depan

    Meski berada di barisan depan saat konser sangatlah menyenangkan tetapi posisi itu juga bisa menjadi posisi paling berbahaya saat terjadi kerumunan lho.

    Energi dan kegembiraan yang tak terbendung bisa berubah menjadi malapetaka bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Agar aman, pertimbangkan untuk menonton konser dari jarak tertentu di mana Sobat TRAC tetap bisa menikmati pertunjukan tapi juga tetap menjaga jarak aman dari keramaian.

  4. Tetap terhidrasi dan simpan tenaga

    Lapar dan dahaga dapat membuat seseorang lebih rentan saat terjadi kerumunan. Untuk keamanan Sobat TRAC, pastikan tetap terhidrasi dan makan sebelum konser agar bertenaga.

    Jika berencana untuk berlama-lama di dalam konser, bawalah botol air yang dapat di isi ulang agar Anda tetap terhidrasi selama acara berlangsung.

  5. Waspada akan kondisi di sekitar

    Terakhir, sangat penting untuk tetap waspada terhadap kondisi sekitar di setiap saat. Waspadai potensi bahaya atau tanda peringatan, seperti perubahan perilaku orang banyak atau peningkatan tingkat kebisingan secara tiba-tiba.

    Jika Sobat TRAC berada dalam grup, perhatikan juga teman-teman yang diajak pergi. Jika merasa kurang nyaman atau merasakan tanda bahaya, pindahlah ke lokasi yang lebih aman atau beri tahu petugas keamanan.

Menghadiri konser bisa menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan, apalagi dengan energi penonton yang begitu besar.

Namun, sangat penting untuk memperhatikan tindakan pencegahan keselamatan dengan serius. Dengan mengikuti lima tips ini, Sobat TRAC dapat meminimalisir risiko terjebak dalam kerumunan sehingga bisa menikmati konser dengan tenang.

Tips tambahan agar nonton konser lebih nyaman adalah dengan melakukan rental mobil. Lho kok bisa? Dengan melakukan rental mobil, Sobat TRAC tak perlu lagi memikirkan sulitnya keluar area parkir setelah menonton konser idola.

Gunakan sisa tenaga untuk membahas keseruan konser alih-alih memikirkan rute karena terjebak kemacetan. Layanan rental mobil dengan pengemudi dari TRAC siap membantu dan melayani Sobat TRAC menuju venue dan sebaliknya. 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui  instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper