Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Tarik Kembali 1,1 Juta Kendaraan Buatan China, Kenapa?

Model-model kendaraan Tesla Inc yang akan ditarik termasuk Model S, Model X, Model 3 yang diimpor serta Model 3 dan Model Y yang diproduksi China.
Founder Tesla Elon Musk/ Bloomberg
Founder Tesla Elon Musk/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen kendaraan listrik milik Elon Musk, Tesla Inc. bersiap menarik 1.104.622 kendaraan, baik yang diimpor maupun buatan China.

Mengutip Reuters, Jumat (12/5/2023), berdasarkan pernyataan regulator China, model-model kendaraan Tesla yang akan ditarik termasuk Model S, Model X, Model 3 yang diimpor serta Model 3 dan Model Y yang diproduksi China.

Penarikan lebih dari 1 juta kendaraan Tesla tersebut akan efektif 29 Mei 2023, yang diajukan oleh Tesla sesuai dengan aturan manajemen China untuk mekanisme penarikan kendaraan.

Kendaraan yang termasuk dalam penarikan ini tidak memungkinkan pengemudi untuk memilih strategi pengereman regeneratif, menurut pengumuman Administrasi Negara China untuk Regulasi Pasar (SAMR).

Selain itu, kendaraan yang ditarik kemungkinan tidak memberikan peringatan yang memadai kepada pengemudi yang menginjak pedal gas dalam-dalam untuk waktu yang lama.

Berdasarkan pengumuman SMAR, kombinasi dari faktor-faktor di atas dapat meningkatkan kemungkinan pengemudi secara tidak sengaja menekan pedal gas untuk waktu yang lama, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan menimbulkan bahaya keselamatan.

Pada bagian lain, Tesla menaikkan harga di pasar Amerika Serikat untuk kendaraan listrik Model S, X, dan Y dengan persentase satu digit yang rendah pada Kamis (11/5/2023) waktu setempat, meskipun harga masih jauh lebih rendah daripada awal tahun ini.

Perusahaan menaikkan harga untuk semua varian kendaraan Model S dan X dengan harga lebih tinggi sebesar US$1.000, sementara harga semua varian Model Y naik sebesar US$250. Ini mewakili peningkatan sekitar 0,5 persen hingga 1,1 persen sejak perubahan harga terakhir.

Kenaikan harga ini juga merupakan kenaikan harga kedua untuk mobil Model S, Model X dan Model Y sejak 19 April 2023, ketika Tesla terakhir memotong harga beberapa mobilnya di AS. Adapun tidak ada perubahan pada harga mobil termurahnya, Model 3, sejak kenaikan awal Mei 2023

Tesla telah memangkas harga secara global sejak Januari 2023, termasuk enam kali di AS, untuk mendorong volume. CEO Elon Musk mengatakan perusahaan bersedia mengorbankan margin untuk volume penjualan tetapi juga ingin menaikkan harga kembali jika kondisi pasar memungkinkan.

Bahkan setelah kenaikan harga pada Kamis, model dasar mobil S dan X tetap lebih murah masing-masing sebesar 16 persen dan 1 persen di AS, dibandingkan dengan awal tahun, sementara versi jarak jauh Model Y sekitar 23 persen lebih murah.

Model S sekarang dihargai US$88.490, sedangkan Model X dibanderol US$98.490. Versi kinerja kedua model ini sekarang bernilai US$108.490. Harga Model Y, varian jarak jauh dan performa masing-masing adalah US$47.490, US$50.490, dan US$54.490.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper