Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Toyota Global Awal 2023 Turun 5,6 Persen, Ini Biang Keroknya!

Kinerja penjualan mobil Toyota secara global mengalami penurunan pada Januari 2023. Berikut ini faktor penyebabnya.
Toyota Rush. Gril mobil juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal. /Toyota
Toyota Rush. Gril mobil juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan Toyota global sepanjang Januari 2023 tercatat 709.870 unit atau menurun 5,6 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Berdasarkan data yang dirilis Toyota Motor Corporation (TMC) pada Senin (27/2/2023), kinerja Toyota mengalami penurunan pada penjualan mobil di luar Jepang, sebesar 9,7 persen secara tahunan.

Sebaliknya, mengacu data yang sama, penjualan Toyota secara domestik justru mengalami peningkatan 18 persen dengan pangsa pasar 34 persen. Perinciannya, penjualan di luar Jepang sebesar 579.652, sedangkan pada pasar domestik penjualan mencapai 130.218 unit.

Dilansir japantimes.co.jp, Senin (27/2/2023), kinerja penjualan per Januari 2023, menandai penurunan bulan kedua berturut-turut di tengah kekurangan semikonduktor dan hari kerja yang lebih pendek di China.

Singkatnya, kekurangan chip global yang terus melanda Toyota dan ditambah periode liburan Tahun Baru Imlek di China, membuat pabrikan memangkas jam operasional penjualan. Alhasil, kedua faktor tersebut membuat pabrikan otomotif asal Jepang itu mengalami penurunan kinerja penjualan.

Di China, penjualan mobil Toyota anjlok 23,5 persen, penurunan tersebut diikuti juga di pasar Amerika Utara dengan penurunan 12,8 persen.

Selain Toyota, perusahaan otomotif yang tergabung di TMC yakni Daihatsu dan Hino masing-masing mencatatkan 76.346 unit dan 9.631 unit. Alhasil, secara kumulatif, penjualan TMC tercatat 795.847 unit pada Januari 2023

Sementara itu, produksi TMC sepanjang Januari 2023 tercatat 689.090 unit atau tumbuh 8,8 persen. Jumlah tersebut merupakan hasil dari pertumbuhan yang signifikan dari produksi domestik 30,1 persen yang menghasilkan output 211.572 unit.

Sebagai informasi, di Indonesia, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan secara wholesales Toyota mencapai 28.970 unit atau tumbuh 26,6 persen dibanding tahun sebelumnya (year on year/yoy). Kompak dengan wholesales, penjualan secara ritel juga meningkat 11,6 persen secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper