Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Ini Daftar 3 Mobil Listrik yang Mejeng di IIMS 2023

Beberapa merek kendaraan lokal dan luar negeri menampilkan mobil listrik terbaru mereka di ajang IIMS 2023, salah satunya Esemka.
Mobil baru Esemka Bima EV di IIMS 2023, Jakarta, Kamis (16/2). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Mobil baru Esemka Bima EV di IIMS 2023, Jakarta, Kamis (16/2). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha

Ada Esemka

2. Morris Garage

Pabrikan otomotif asal Inggris, Morris Garage atau MG memamerkan mobil listrik MG4 EV di Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023. Dari segi baterai, mobil ini berkapasitas daya sebesar 51 hingga 64kWh yang mampu mencapai jarak tempuh hingga 425km dalam mode NEDC dan mampu melesat 160 km per jam. Sementara pengisian baterai MG4 EV dari nol persen hingga 80 persen hanya 35 menit. 

Tampilan mobil listrik ini tampak futuristik dengan disematkannya 28 lampu LED dan 6 strip fibre-optic yang terpasang vertikal, ditambah buritan dari samping kiri dan bentuk u-Shape design pada area depan mobil membuatnya tampak sporty.

Untuk sisi keamanan, mobil ini telah melewati serangkaian uji keselamatan dari Euro NCAP dengan diganjar dengan nilai terbaik, yakni bintang 5. Hal ini diwujudkan melalui pembekalan fitur Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Blind Spot Detection, Intelligent Speed Limit Assist with Traffic Sign Recognition, Lane Keep Assist Driver Attention Alert, Active Emergency Braking.

Bicara soal harga, pihak MG Motor Indonesia masih belum mengungkapkannya hingga beberapa waktu ke depan. Kendati demikian, keran pemesanan sudah dapat dilakukan di IIMS 2023 dan seluruh dealer MG Indonesia.

3. Esemka

PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) meluncurkan dua varian mobil listrik yakni Bima EV versi kendaraan penumpang seharga Rp530 juta dan Bima EV Cargo Van Rp540 juta. Kedua mobil ini memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm.

Bima EV Passenger Van diklaim mampu menampung 11 penumpang dan Bima EV Cargo VAN memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan. Kedua mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018.

Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm. Tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear.

Bima EV juga dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V. Baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam.

Baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya. Mobil listrik Esemka untuk passenger van memiliki kapasitas 11 tempat duduk dan dilengkapi AC double blower. Sedangkan untuk Blind Van Cargo memiliki AC single Blower.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper