Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Electrum Tuntaskan Rancang Bangun Ekosistem Motor Listrik Tahun Ini

PT Energi Kreasi Bersama (Electrum) menuntaskan rancang bangun ekosistem motor listrik pada tahun ini.
Salah satu stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). /Bisnis-Rika Anggraeni
Salah satu stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). /Bisnis-Rika Anggraeni

Bisnis.com, JAKARTA — PT Energi Kreasi Bersama (Electrum) menuntaskan rancang bangun ekosistem motor listrik pada tahun ini.

Perusahaan patungan PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA), PT Energi Kreasi Bersama (Electrum) tersebut telah melakukan uji coba denga ratusan motor listrik EV dengan sistem battery swap atau tukar baterai sejak Februari 2022. 

Managing Director Electrum Patrick Adhiatmadja menjelaskan lewat uji coba komersial bersama pengemudi Gojek tersebut, perseroan telah mengakumulasi lebih dari 6 juta km per akhir Januari 2023. 

"Setelah selesai melakukan uji coba pada 2022, tahun 2023 ini merupakan tahun penuntasan rancang bangun ekosistem Electrum yang pertama. Untuk rencana detil lainnya akan kami sampaikan sesegera mungkin," ujarnya dalam wawancara kepada Bisnis dikutip, Senin (6/2/2023).

Dalam rencana produksi kendaraan listrik, Electrum menyebut hanya akan melakukan impor terhadap bahan baku penting yang yang belum ada atau belum diproduksi di Indonesia.

Di sisi lain, perseroan juga tengah menantikan rencana insentif soal kendaraan listrik yang tengah dibahas oleh pemerintah.

"Saat ini kami masih terus memantau wacana tersebut serta menunggu informasi resmi dari Pemerintah terkait bagaimana persisnya kebijakan tersebut akan diberlakukan," terangnya 

Setelahnya, Electrum juga akan mengembangkan jaringan layanan purna jual baik secara mandiri maupun yang bermitra dengan bengkel independen yang ada. 

Melalui Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML), perseroan juga sudah menyampaikan aspirasi standarisasi batere, sistem keamanan, dll. Namun penentuan standar pada akhirnya merupakan wewenang pemerintah. 

"Kami akan mendukung standar apapun yg ditetapkan pemerintah," katanya.

Berita ini merupakan bagian dari laporan khusus bertajuk Temaram Ekosistem Kendaraan Listrik yang terbit di harian Bisnis Indonesia edisi Senin, 6 Februari 2023. Baca laporan tersebut di epaper.bisnis.com dan berita terkait di bisnisindonesia.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper