Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Bayar Tol Nirsentuh Bakal Dirilis Akhir Tahun Ini, Bagaimana Pembayarannya?

Untuk mempermudah pembayaran tol nirsentuh, pihak BPJT akan segera merilis aplikasi bernama Cantas dan mulai bisa digunakan pada Desember 2022 mendatang.
Kendaraan melintas di gerbang jalan tol Bekasi Barat I, Jawa Barat./JIBI-Dwi Prasetya
Kendaraan melintas di gerbang jalan tol Bekasi Barat I, Jawa Barat./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bakal menerapkan sistem pembayaran tol nirsentuh mulai akhir 2022 ini.

Pembayaran tol tanpa harus berhenti di gerbang tol ini menggunakan teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF). Adapun penggunaan MLFF akan diimplementasikan di beberapa jalan tol sebagai tahapan transisi dari pembayaran tol yang masih menggunakan kartu tol elektronik.

Untuk mempermudah pembayaran tol nirsentuh, pihak BPJT akan segera merilis aplikasi bernama Cantas dan mulai bisa digunakan oleh publik pada Desember 2022 mendatang.

"Nantinya, saat teknologi MLFF mulai diimplementasikan, para pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran non-tunai tanpa tap kartu, yakni hanya dengan mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi bernama Cantas pada smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet," tulis akun media sosial resmi BPJT dikutip Selasa, (27/9/2022).

Cara kerjanya, pembayaran tersebut menggunakan Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) yang memindahkan metode transaksi tol yang sebelumnya berbasis chip menjadi pembayaran berbasis akun dan server. Pengguna jalan nantinya cukup mengunduh aplikasi pada perangkat smartphone untuk dapat melakukan pembayaran tol.

Saat akan memulai perjalanan, pengguna diminta melakukan aktivasi aplikasi pada perangkat dengan menekan tombol mulai. Ponsel pengguna akan mengirimkan sinyal GPS ke sistem pusat MLFF, dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan serta memotong saldo secara otomatis ketika keluar tol.

Menurut pihak BPJT, sebelumnya sistem pembayaran tol dengan uang tunai yang digantikan dengan kartu tol elektronik menghemat waktu dari 10 detik ke 4 detik. Namun kini, penggunaan sistem pembayaran tol nirsentuh lebih mempersingkat waktu transaksi dan memangkas antrean di gerbang tol.

"Dengan diterapkannya teknologi transaksi nirsentuh atau MLFF di Indonesia, pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantre saat melakukan pembayaran. Sehingga, penggunaan MLFF bisa menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik," tukas BPJT.

Manfaat lain dari pembayaran tol nirsentuh ini yaitu untuk efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper