Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ternyata Sepeda Listrik Efektif Kurangi Co2, Ini Buktinya

Sepeda listrik memiliki jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan sepeda biasa dikarenakan kalori yang terbakar lebih sedikit. 
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  13:45 WIB
Ternyata Sepeda Listrik Efektif Kurangi Co2, Ini Buktinya
Sepeda listrik Selis Mandalika.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Electrical Energy Conversion Research Laboratory Institut Teknologi Bandung (ITB) melaporkan penggunaan sepeda listrik terbukti mengurangi karbon monoksida atau Co2.

Head of Electrical Energy Conversion Research Laboratory Institut Teknologi Bandung (ITB) Agus Purwadi menjelaskan bersepeda listrik memiliki jejak karbon sekitar 21g CO2/km, ini pun lebih kecil dibandingkan mobilitas sehari -hari.

“Hal ini lebih kecil dari berjalan kaki atau naik bus dan kurang dari 1/10 emisi mengemudi” ujar Agus pada webinar di GIIAS 2022 dengan tema kontribusi Sektor Otomotif Dalam Upaya Penurunan Emisi CO2 di Indonesia, Senin (15/8/2022).

Dia menambahkan sekitar 3 persen emisi gas rumah kaca dari bersepeda biasa terjadi saat memproduksi makanan tambahan yang diperlukan untuk aktivitas bersepeda. Sebaliknya, emisi lainnya berasal dari proses pembuatan sepeda.

“Kan kalau naik sepeda biasa perlu makan ya ke MCD lha, sedangkan sepeda listrik sedikit saja mengeluarkan kalorinya,” jelas Agus.

Agus menilai sepeda listrik memiliki jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan sepeda biasa dikarenakan kalori yang terbakar lebih sedikit. 

Meskipun pembuatan sepeda listrik memakan emisi dari pembuatan baterai dan penggunaan listrik, konsumsi energi sepeda listrik dengan berat 27,7 kg hanya berkisar antara 3,9 -5,4 wh/km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sepeda Listrik emisi karbon emisi gas rumah kaca giias
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top