Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua IMI Bamsoet Dorong Komunitas Otomotif Perbanyak Agenda Touring

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menganggap kegiatan touring dapat membantu pariwisata daerah perekonomian setempat.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo./Antara
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengajak komunitas otomotif perbanyak agenda touring. Hal tersebut bisa membantu memulihkan perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Untuk memulihkan perekonomian nasional butuh gotong royong dari seluruh anak bangsa. Salah satunya melalui kegiatan touring,” katanya melalui keterangan pers, Senin (30/5/2022).

Pria yang disapa Bamsoet ini menjelaskan bahwa Covid-19 juga mengajarkan masyarakat untuk mendahulukan berwisata di dalam negeri dibanding ke luar negeri. Dengan begitu, bisa membantu menggerakan roda ekonomi masyarakat daerah.

Bamsoet mencontohkan Bali. Selama dua tahun perekonomian di Pulau Dewata yang bertumpu pada sektor pariwisata terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Sejak dibuka kembali Bali untuk wisatawan domestik dan asing, perekonomiannya cenderung membaik. Dia mencatat ekonomi Bali sempat terpuruk hingga minus 9,25 persen tahun lalu.

“Pada tahun awal tahun 2022 ini perekonomian Bali tumbuh 0,07 persen,” jelasnya.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia ini menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi Bali yang saat ini masih bertumpu pada sektor pariwisata masih membutuhkan perhatian serius. Terlebih akan dilaksanakan konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Bali.

Dia berharap ekonomi di Bali bisa segera bangkit dan mencapai di atas 6 persen tahun ini. Terlebih, pemerintah sejak awal tahun telah melonggarkan sejumlah persyaratan bagi masyarakat yang ingin bepergian, maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia.

“Hingga bulan Maret 2022 wisatawan asing yang datang ke Bali tercatat sebanyak 14.620 kunjungan. Meningkat jauh dibandingkan periode bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 1.310 kunjungan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper