Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahlil Sebut Elon Musk Bakal Investasi di Indonesia, Fokus pada 2 Sektor Ini

Keinginan menggaet Tesla merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa orang terkaya di dunia Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia. Pemilik mobil listrik Tesla ini akan menanamkan modal pada dua sektor.

“Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar. Pertama ekosistem baterai mobil. Kedua mobilnya,” katanya pada konferensi pers melalui virtual dikutip Kamis (19/5/2022).

Bahlil menjelaskan waktu realisasi investasi Tesla masih belum bisa diumumkan. Begitu pula dengan nominal yang akan masuk ke Indonesia.

Alasannya, tanda tangan kerja sama belum dilakukan. Meski begitu, dia pastikan hal tersebut akan terjadi tahun ini.

Keinginan menggaet Tesla, tambah Bahlil, merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Kepala Negara juga memerintahkan agar perusahaan mobil listrik lainnya, Foxconn juga bisa masuk ke Indonesia.

Setelah itu, dua menteri Jokowi dibagi tugas. Bahlil mengurus Foxconn. Sebaliknya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melobi Musk.

“Rayuan kita Foxconn bisa masuk. Tesla masih tarik ulur. Tapi alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Presiden, Tesla insyaallah masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, pemerintah akan menjadikan Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah sebagai instrumen terpenting. Khusus untuk Foxconn, rencananya perusahaan hanya akan melakukan perakitan di Indonesia dan materialnya tidak dibawa ke luar.

Nantinya, mereka akan membawa tenaga ahli untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja dalam negeri.

Sedangkan untuk Tesla, Bahlil menuturkan bahwa sebagian pabril akan berlokasi berdekatan dengan Solo, yakni Batang.

“Jadi nanti UMKM kita akan bisa berkembang. Ini yang kita pingin ada investasi yang masuk tapi berkolaborasi dengan pengusaha daerah dan UMKM agar tumbuh bersama-sama. Ini yang sedang kita lakukan. Dan Batang akan menjadi satu kawasan terintegrasi yang mendekatkan pada tol, Kota Semarang, dan pelabuhannya yang sekarang sudah dibangun pelabuhannya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper