Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 3 Detik Penentu Tabrakan Mobil di Jalan Tol

Selain menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, pengendara perlu mengetahui bahwa hanya membutuhkan waktu tiga detik untuk menentukan celaka atau selamat saat ada mobil yang berhenti mendadak. 
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 30 Januari 2022  |  16:41 WIB
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020).  - Antara Foto/M Ibnu Chazar
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020). - Antara Foto/M Ibnu Chazar

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan berbayar yang dibangun untuk mempersingkat jarak satu tempat ke tempat lain.

Dikutip dari laman Badan Pengatur jalan tol (BPJT) pada Minggu (30/1/2022), satu hal yang kerap menyebabkan keelakaan di jalan tol adalah rem mendadak. Oleh karena itu selain menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, pengendara perlu mengetahui bahwa hanya membutuhkan waktu tiga detik untuk menentukan celaka atau selamat saat ada mobil yang berhenti mendadak. 

Pada umumnya setiap pengendara membutuhkan waktu 1,5–2 detik untuk menyadari kendaraan lain di depannya melakukan pengereman mendadak. Selanjutnyadibutuhkan waktu 0,5-1 detik untuk pengemudi bereaksi cepat menghentikan kendaraan dengan tenang sesuai dengan jarak aman. 

Penghitungan rumus 3 detik tersebut diharapkan untuk tetap menjaga jarak aman saat mengerem kendaraan mendadak, sehingga kendaraan tidak langsung menabrak kendaraan di depan, begitupun kendaraan dibelakang yang juga menjaga jarak dengan aman.

Mengingat hal tersebut, dibutuhkan fokus yang cukup tinggi saat berkendara di jalan tol. Pastikan kendaraan dalam kondisi aman dan tetap patuhi aturan berkendara dengan benar. 

"Kalau lelah jangan paksakan mengemudi ya sobat, istirahat sejenak lalu lanjutkan perjalanan. Utamakan Keselamatan Bukan Kecepatan, Setuju untuk Selamat Sampai Tujuan," tulis BPJT. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tips otomotif
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top