Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hati-hati Garansi Mobil Bisa Hangus Karena Ini

Setiap mobil baru memiliki kartu petunjuk penggunaan dari produsen. Di dalamnya terdapat rekomendasi BBM untuk mobil tersebut. 
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  09:05 WIB
Hati-hati Garansi Mobil Bisa Hangus Karena Ini
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan. - Pertamina
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengingatkan pengendara mobil untuk memerhatikan penggunakan bahan bakar minyak (BBM) agar garansi mobil tidak hangus.

Mengutip Antara, Selasa (18/2/2022), Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menerangkan setiap mobil baru tentu memiliki kartu petunjuk penggunaan dari produsen. Di dalamnya terdapat rekomendasi BBM untuk mobil tersebut. 

"Pembuat mobil sudah memberikan direction seperti tertera pada buku manual, misalnya nilai oktan yang dianjurkan. Jika pemakaian BBM tidak sesuai aturan lalu mengalami kerusakan, tentu garansi tidak berlaku,” katanya.

Aturan pemakaian BBM mobil, dia melanjutkan, juga berlaku untuk pengguna mobil bermesin diesel. Produsen memberi aturan mengenai kandungan maksimal sulfur yang diperbolehkan dalam solar.

"Kalau kerusakan disebabkan ketidakpatuhan dalam penggunaan BBM maka garansi juga tidak berlaku,” ucapnya.

Menurut dia, petunjuk penggunaan BBM mobil mengikuti aturan pemerintah, seperti penggunaan BBM setara Eur 4 untuk bensin. Produsen pun menyesuaikan mesin kendaraan dengan aturan tersebut.

Seperti halnya untuk mobil diesel. Pemberlakuan BBM setara Euro 4 untuk mesin diesel akan berlaku pada April 2022.

Yohanes menyatakan jika konsumen melanggar aturan BBM mobil akan berakibat buruk terhadap performa mobil, bahkan bisa membuatnya rusak. Produsen mobil juga memberikan arahan mengenai standar operasional, misalnya kapasitas muatan.

Adapun di Indonesia saat ini tersedia bensin dengan oktan 88 hingga 98. Bensin dengan oktan 88 disediakan oleh Pertamina dengan merek Premium. 

Terpisah, mengutip laman resmi Daihatsu, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi mengatakan bahwa secara konsep BBM oktan tinggi bagus untuk performa mesin.

Menurut Anjar, pembakaran yang sempurna akan berefek pada meningkatnya performa mobil hingga berdampak pada efisien BBM yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil gaikindo BBM

Sumber : Antara

Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top