Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Honda Naik 15 Persen pada 2021, Brio Terlaris

Kinerja penjualan Honda di Indonesia sepanjang 2021 disokong oleh Honda Brio, peluncuran beberapa model baru, serta diskon PPnBM.
Honda Brio Urbanate. /HPM
Honda Brio Urbanate. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan penjualan ritel sebesar 91.393 unit mobil pada 2021, atau naik 15 persen dibandingkan capaian 2020 sebesar 79.451 unit. Pertumbuhan penjualan tersebut didukung performa Honda Brio, peluncuran beberapa model baru, serta diskon PPnBM.

Meskipun mengalami pertumbuhan, penjualan Honda pada semester kedua tahun lalu juga sangat terdampak gangguan pasokan komponen.  

Kondisi yang sempat mengganggu tingkat pasokan produk Honda ini mulai membaik pada akhir tahun 2021. Yusak Billy, Direktur Inovasi Bisnis, Penjualan dan Marketing PT Honda Prospect Motor mengatakan saat ini pihaknya fokus memaksimalkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan konsumen yang masih tinggi.

Hasilnya, penjualan pada Desember 2021 tercatat mengalami peningkatan sebesar 41 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya dengan total 9.908 unit.

"Penjualan Honda pada 2021 sejalan dengan proyeksi kami, dengan mempertimbangkan berbagai kondisi seperti peluncuran model baru, dampak insentif pajak, maupun keterbatasan pasokan akibat gangguan pasokan komponen untuk produksi," kata Yusak dalam keterangannya, Jumat (14/1/2022).

Dia juga mengatakan permintaan konsumen untuk produk-produk seperti Honda Brio, All New Honda BR-V dan City Hatchback RS masih tinggi. Khusus untuk Honda Brio yang pemesanannya sangat tinggi, Yusak mengatakan akan memaksimalkan produksi di dua pabrik untuk memenuhi permintaan konsumen sesegera mungkin.

Yusak juga mengatakan penjualan terbesar Honda tahun lalu berasal dari Honda Brio dengan total 45.332 unit, Brio Satya sebanyak 30.254 unit dan Brio RS sebanyak 15.078 unit. Dengan demikian, Honda Brio telah memberikan kontribusi sebesar 50 persen dari total penjualan Honda sepanjang 2021.

Hingga akhir tahun, Honda HR-V 1.5 L juga memberikan kontribusi sebesar 18 persen dari total penjualan Honda dengan 16.525 unit, diikuti oleh Honda CR-V yang memberikan kontribusi sebesar 10 persen untuk penjualan Honda atau terjual sebanyak 9.378 unit, serta Honda City Hatchback RS yang terjual sebanyak 8.384 unit dengan kontribusi sebesar 9 persen.

Model-model Honda lainnya yang juga ikut memberikan kontribusi penjualan pada 2021 antara lain, Honda Mobilio 5.498 unit, Honda BR-V 2.764 unit, HR-V 1.8 L 1.160 unit, Honda Jazz 997 unit, Civic Hatchback RS 649 unit, dan Honda Odyssey 163 unit.

Sementara itu, untuk jajaran mobil sedan, Honda Civic terjual 276 unit, Honda Accord 187 unit, Honda City 70 unit, dan Honda Civic Type R 10 unit.

Pada 2022, Honda juga memulai pengiriman untuk beberapa model baru, antara lain All New Honda BR-V, New Honda CR-V Black Edition, All New Honda Civic, All New Honda City dan New Honda Accord. Adapun dua model seperti Civic Hatchback dan Honda Odyssey tidak akan dipasarkan mulai tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper