Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia 5 SUV Termahal di Indonesia

Kali ini bisnis akan merangkum beberapa SUV termahal yang melantai di Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 05 Januari 2022  |  01:02 WIB
The New GLS dilengkapi dengan sistem bantuan mengemudi Mercedes-Benz generasi terbaru.  - MERCEDES BENZ
The New GLS dilengkapi dengan sistem bantuan mengemudi Mercedes-Benz generasi terbaru. - MERCEDES BENZ

Bisnis.com, JAKARTA – Tren sport utility vehicle (SUV) semakin terasa di Tanah Air. Pilihan modelnya pun kini semakin beragam dengan kisaran harga murah hingga mahal.

Kali ini bisnis akan merangkum beberapa SUV termahal yang melantai di Indonesia.

Mercedes-Benz GLS 450 4Matic AMG Line

Di urutan pertama di SUV termahal ada Mercedes- Benz GLS 450 4matic AMG Line. The New GLS hadir sebagai S-Class di segmen SUV dengan konfigurasi 7 kursi penumpang, dan tiga kursi pada baris kedua.

Semua kursi belakang mobil ini juga dapat dilipat, serta dua kursi penuh di baris ketiga untuk orang dengan tinggi mencapai 1,94 meter.

Dari sisi dapur pacu, New GLS dibekali mesin bensin straight-six dengan EQ Boost yang ada pada GLS 450 4MATIC, dilengkapi dengan sistem elektrik 48 Volt dan terintegrasi dengan starter-generator.

Mesin tersebut memiliki perpindahan sekitar tiga liter dan menghasilkan tenaga dengan output 270 kW (367 hp) dan torsi 500 Nm, dengan torsi 250 Nm lainnya dan 16 kW/22 hp sebagai output tambahan sementara melalui EQ Boost.

Mobil ini pun dibandrol dengan harga Rp2,32 miliar.

 

BMW X3M & X4M Competition

Di Posisi kedua ada BMW dengan X3M dan X4M. Diluncurkan bersama, kedua SUV ini menunjukkan eksistensi pertama mesin 6 silinder segaris berkapasitas 3,0 liter yang sudah dilengkapi dengan fitur M TwinPower Turbo.

Dengan kapasitas mesin tersebut, X3m & X4M Competition mampu menghasilkan tenaga 510 Hp pada 7.200 rpm, dengan torsi maksimal mencapai 600 Nm pada 2.600–5.950 rpm.

Top speed dari BMW X3M dan X4M Competition mencapai 250 kilometer per jam (kpj), dan hanya butuh waktu 4,1 detik untuk kedua mobil ini mencapai kecepatan 100 kilometer per jam.

Seri X3M Competition dibanderol dengan harga Rp2,18 miliar, sedangkan BMW X4M Competition dijual seharga Rp2,22 miliar.

 

Land Cruiser 300

Di posisi ketiga ada mobil pabrikan Jepang, yaitu Toyota Land Cruiser 300. Mobil ini pun bermesin 3.500 cc V6 turbo bertenaga 409 hp dan torsi 650 Nm. Untuk varian dieselnya, ada mesin 3.300 cc V6 turbo diesel bertenaga 304 hp dan torsi 700 Nm.

Transmisi otomatisnya kini punya 10 percepatan, dan penggerak bisa dipastikan pakai 4WD. Mobil ini menjadi mobil Toyota pertama yang menggunakan sasis TNGA tipe F.

SUV termahal buatan Toyota itu memiliki kode baru, yakni FJA300R. Untuk Land Cruiser 300 tipe VX 4x4 harganya Rp1,66 miliar, tipe ZX 4x4 Rp1,92 miliar, dan GR-S 4x4 sebagai varian tertinggi nilainya mencapai Rp2,28 miliar.

 

Hyundai Palisade

Hyundai Palisade menggunakan mesin mesin diesel 4-silinder 2.200cc common-rail. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga 197 Ps dan torsi 440 Nm. Performa tersebut disalurkan ke transmisi otomatis 8 percepatan.

Menariknya, jika pengemudi hendak mengganti transmisi tidak perlu menggunakan tuas konvensional. Pengemudi hanya perlu menekan tombol D (Drive), N (Neutral), P (Parking), dan R (Rear), sesuai kebutuhan.

Meski demikian, keamanan dari sistem baru bernama Button Type Shift by Wire ini sudah teruji.

Tak hanya itu, Hyundai Palisade memiliki 4 mode berkendara dengan karakternya masing-masing. Mode comfort untuk berkendara harian, ECO yang bisa membuat penggunaan bahan bakar semakin efisien, sport untuk mempercepat akselerasi, dan smart yang menggunakan algoritma secara otomatis ketika berpindah gigi berdasarkan pola berkendara.

Hyundai Palisade juga memiliki fitur keselamatan yang lengkap, seperti lind-Spot Collision Warning, Rear Cross-Traffic Collision Warning, Safe Exit Assist, dan airbag 6 titik.

Namun, sayangnya Hyundai Palisade belum dilengkapi fitur Smart Cruise Control, Lane Keeping Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist. Artinya, Hyundai Palisade di Indonesia masih belum memiliki sistem semi-otonom.

Hyundai Palisade dijual mulai dari Rp777 juta sampai dengan Rp1,07 miliar.

 

Mazda CX-9

Mazda CX-9 2021 hadir dengan dua sistem penggerak, yaitu 2WD (front wheel drive) dan all wheel drive (AWD).

Mesin bensin 2.500 cc turbo dengan teknologi SKYACTIV-G 2.500 cc Turbo dikawinkan dengan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6 percepatan.

Dalam kondisi normal, penggerak Mazda CX-9 AWD akan meneruskan tenaganya 100 persen ke roda depan. Namun saat terjadi selip, secara otomatis sistem AWD akan membagi tenaga ke roda belakang secara simultan sesuai dengan traksi yang dibutuhkan.

Mazda CX-9 ini juga telah mendapatkan fitur G-Vectoring Control Plus atau GVC+. Sementara itu, fitur-fitur keselamatan pada Mazda CX-9, antara lain sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS), 6 titik airbag, serta ISOFIX dan struktur rangka kuat SKYACTIV-BODY.

Selain itu, masih ada pula Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS), serta Driver Attention Alert (DAA).

Mobil ini dijual dengan harga Rp869,9 juta untuk tipe 2WD, dan Rp998,8 juta untuk tipe AWD.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil Model SUV
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top