Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usik Dominasi Tesla, Huawei Luncurkan SUV Hybrid Aito M5 di China

Huawei meluncurkan mobil listrik kedua yakni Huawei Aito M5. Model ini menggunakan jenis powertrain plug-in hybrid.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  21:01 WIB
HuaweiAitoM5. - carbuzz
HuaweiAitoM5. - carbuzz

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen ponsel pintar asal China, Huawei, menunjukkan keseriusannya memasuki industri kendaraan listrik dunia dengan meluncurkan Huawei Aito M5. Ini adalah mobil kedua yang diluncurkan Huawei setelah sebelumnya merilis SF5. Huawei Aito M5 menggunakan jenis powertrain plug-in hybrid.

Melansir laman tempo.co, Jumat (31/12/2021) peluncuran Huawei Aito M5 ini langsung disambut baik konsumen di China. Bahkan dalam lima hari pertama, pemesanan untuk SUV listrik ini mencapai lebih dari 6.000 unit.

Aito M5 merupakan SUV listrik yang dikembangkan Huawei bersama dengan merek China lainnya, yakni Seres, yang merupakan bagian dari Chongqin Sokon. Untuk yang belum tahu, Chongqin Sokon merupakan perusahaan yang juga menaungi merek mobil DFSK.

Huawei Aito M5 hadir dengan ukuran wheelbase 2,88 meter dan panjangnya 4,77 meter. Desain SUV listrik ini terinspirasi dari Porsche macan dan bahkan ada beberapa kesamaan dari tampilannya.

Dari sisi eksterior, mobil ini menampilkan lampu utama berukuran besar, lengkungan roda besar untuk velg, dan cluster lampu belakang yang menempati seluruh tailgate.

Kemudian untuk bagian interiornya, Aito M5 punya kabin yang sangat luas dan sudah dilengkapi sistem infotainment layar sentuh berukuran 15,6 inci. Sistem infotainment ini juga dibekali sistem operasi garapan Huawei, yakni Harmony OS dengan opsi split-screen, pengenalan wajah 3D, membuka kunci mobil menggunakan NFC di jam tangan Huawei atau login ID Huawei otomatis.

Sementara untuk cluster instrumennya menggunakan layar digital berukuran 10,4 inci. Huawei juga menambahkan kamera di pilar kiri kaca depan untuk memantau bagian yang luput dari penglihatan pengemudi, yang juga masuk dalam fitur keselamatan Aito M5.

Dari sektor mesin, Aito M5 memiliki opsi satu dan dua motor listrik, yang dikawinkan dengan mesin bensin empat silinder turbocharged berkapasitas 1.500cc. Mesin bensin ini menghasilkan tenaga maksimal 125 HP, meskipun fungsi utamanya hanya untuk mengisi ulang paket baterai 40 kWh.

Kemudian ada versi sistem penggerak roda belakang yang menghasilkan tenaga maksimal 204 HP dan versi sistem penggerak empat roda dengan output tenaga 224 HP. Untuk versi empat roda ini memiliki kemampuan menghasilkan tenaga keseluruhan mencapai 428 HP.

Huawei mengklaim SUV ini mampu menempuh jarak maksimal 1.195 kilometer dalam sekali pengisian bahan bakar. Kemudian untuk akselerasinya, Huawei Aito M5 dapat menuntaskan kecepatan 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 4,4 detik.

SUV Huawei Aito M5 dipasarkan dalam enam pilihan warna, yakni Ceramic White, Pine Frost Green, Ice Crystal Gray, Gilt Black, Mihai Blue, dan Azure Blue. Sayangnya belum ada informasi harga dari mobil listrik ini karena rencananya mobil ini baru tersedia di showroom China mulai 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik huawei Tesla Motors

Sumber : Tempo.co

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top