Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daihatsu Ekspor Ribuan Unit Mobil Melalui Pelabuhan Patimban

Fasilitas produksi Daihatsu di Indonesia mencatat ekspor ke 75 negara di dunia mulai dari Asean, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 21 Desember 2021  |  05:17 WIB
Daihatsu Ekspor Ribuan Unit Mobil Melalui Pelabuhan Patimban
Kapal Roro KMP Ferrindo 5 sandar di Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Minggu (10/1/2021). Kapal ini jadi jenis Roro pertama yang bersandar dan melayani lintasan Patimban, Subang-Panjang, Lampung. - Bisnis/Rinaldi M Azka
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi salah satu pabrikan mobil yang hadir dalam acara Penyerahan pengelolaan (hand over) Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban Dan Ekspor Perdana Kendaraan di pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021).

Pelabuhan yang dibagun oleh konsorsium Jepang dan Indonesia ini resmi diserahkan pengelolaannya yang sebelumnya dari pemerintah kepada Swasta. 

Seremoni penyerahan pengelolaan ini dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan, penyerahan pengelolaan pelabuhan ke pihak swasta bertujuan meningkatkan daya saing logistik nasional.

"Lewat dukungan dari swasta nasional, dan Jepang, hal ini dapat meningkatkan indeks logistik nasional. Kolaborasi pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok dapat menjadi salah satu basis ekspor kendaraan dalam meningkatkan industri otomotif nasional,” ujarnya dalam keterangan resmi pada Senin (20/12/2021).

Di saat yang bersamaan, Pelabuhan Patimban langsung melakukan kegiatan ekspor perdananya dengan mengirim lebih dari 1.200 unit kendaraan bermotor ke Filipina. Beberapa di antaranya adalah mobil yang diproduksi oleh ADM untuk merek Toyota, seperti Rush, Avanza, Wigo, dan Raize.

Adapun berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), volume ekspor mobil nasional hingga November 2021 mencapai 267.224 unit. Daihatsu berkontribusi 40,6 persen atau 108.000 unit.

Produk ADM ini pun diekspor ke 75 negara di dunia mulai dari Asean, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin.

“Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan dan peluang bagi Daihatsu untuk mendukung kegiatan ekspor secara maksimal di pelabuhan Patimban dalam meningkatkan industri otomotif nasional, sekaligus devisa negara.,” ujar Johan, Export Import Division Head ADM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daihatsu pelabuhan patimban Ekspor Mobil PT Astra Daihatsu Motor
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top