Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Bakal Punya AI, Simak Teknologinya

Intelligent Driver-Assistive Technology milik Honda menggunakan bantuan AI yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi agar mengurangi kesalahan dan berkendara dengan aman. 
CR-V berteknologi Honda Sensing. Di pasar Malaysia, SUV ini tersedia dalam tiga varian, yakni 2.0L 2WD, 1.5L TC-P 2WD dan varian baru 1.5L TC-P 4WD. /Honda
CR-V berteknologi Honda Sensing. Di pasar Malaysia, SUV ini tersedia dalam tiga varian, yakni 2.0L 2WD, 1.5L TC-P 2WD dan varian baru 1.5L TC-P 4WD. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA — Honda Motor Co., Ltd. memperkenalkan teknologi keselamatan canggih untuk masa depan secara global pada tahun 2050, di mana hal ini dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang bebas dari risiko tabrakan lalu lintas. 

President and Representative Director of Honda R&D Co., Ltd Keiji Ohtsu mengatakan  Honda akan menggunakan dua teknologi utama, Intelligent Driver-Assistive Technology dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) dan Safe and Sound Network Technology.

Intelligent Driver-Assistive Technology menggunakan AI yang berfungsi memberikan bantuan agar pengemudi mengurangi kesalahan dan berkendara dengan aman. 

Teknologi ini akan berfokus pada pengemudi dengan menggunakan sensor ADAS (Advanced Driver-Assistance System) dan kamera untuk mengenali potensi risiko di sekitar kendaraan dan memungkinkan AI mendeteksi risiko mengemudi. 

Pada saat yang sama, AI akan menentukan perilaku mengemudi yang optimal secara real-time dan menawarkan bantuan yang sesuai dengan keadaan kognitif dan situasi lalu lintas dari setiap individu pengemudi.

Selanjutnya adalah Safe and Sound Network Technology, dimana akan menghubungkan semua pengguna jalan, baik individu dan kendaraan melalui telekomunikasi, sehingga memungkinkan untuk memprediksi potensi risiko dan membantu orang menghindari risiko tersebut sebelum tabrakan benar-benar terjadi.

Teknologi ini akan mengumpulkan informasi mengenai potensi risiko dalam lingkungan lalu lintas yang terdeteksi berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai kamera yang ada di sekitar jalan, mobil dan smartphone akan dikumpulkan di suatu server secara virtual. 

Sistem akan memprediksi atau mensimulasikan perilaku pengguna jalan yang berisiko tinggi tabrakan dan akan memperoleh serta memberikan informasi dukungan yang paling tepat untuk membantu pengguna jalan menghindari risiko tabrakan.

“Honda berusaha untuk sepenuhnya menghilangkan risiko mobilitas bagi semua orang di berbagai jalan dengan menawarkan teknologi keselamatan yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global oleh 2050. Kami akan semakin mempercepat seluruh industri kami demi mewujudkan tujuan kami untuk menghilangkan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda secara global.” ujar Keiji dalam keterangan resmi pada Kamis (2/12/2021)

Sebelumnya, Honda telah memperkenalkan Honda SENSING 360, keamanan omnidirectional dan sistem bantuan pengemudi untuk semua model akan dijual di semua pasar utama pada tahun 2030. 

Selain itu, Honda juga akan terus  bekerja untuk memperluas aplikasi fungsi deteksi sepeda motor dan lebih meningkatkan fungsi ADAS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper