Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Test Drive di GIIAS 2021 Tanpa SIM

Sebagaimana diketahui satu syarat untuk ikut test drive di GIIAS 2021 adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 20 November 2021  |  12:10 WIB
Seorang pengunjung GIIAS 2021 menjajal simulator balap di GIIAS 2021.  - Bisnis/Rezha Hadyan
Seorang pengunjung GIIAS 2021 menjajal simulator balap di GIIAS 2021. - Bisnis/Rezha Hadyan

Bisnis.com, JAKARTA — Buat Anda yang tidak bisa mencoba langsung atau test drive kendaraan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 karena belum memenuhi persyaratan sepertinya tak perlu berkecil hati. Karena Anda bisa merasakan sensasi yang tak jauh berbeda lewat simulator mobil yang berada di booth PT Pertamina (Persero).

Pertamina menyediakan tiga simulator balap mobil yang bisa dicoba oleh pengunjung GIIAS 2021. Dua simulator berada booth utama yang ada di dalam Hall 3 ICE-BSD dan booth tambahan di hallway antara Hall 3-3A ICE BSD.

Tidak ada batasan umur untuk menggunakan simulator ini. Siapa saja, termasuk anak-anak diperkenankan untuk mencobanya dan mengikuti challenge atau tantangan berhadiah.

Menurut Penanggung Jawab Simulator Booth Pertamina Agus, setiap pengunjung mendapatkan giliran waktu bermain selama empat menit. Apabila mampu menyelesaikan permainan dengan waktu kurang dari empat menit, pengunjung akan mendapatkan hadiah berupa suvenir dari Pertamina.

Pada hari pertama atau pembukaan GIIAS 2021, Agus menyebut hadiah yang diberikan tidak hanya suvenir, akan tetapi ada tiket menonton balapan World Superbike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sebagai catatan, gim yang dimainkan di simulator ini adalah gim reli Dirt Rally. Semua setelan permainan tidak bisa diubah oleh pengunjung, termasuk mobil yang digunakan juga dipilihkan oleh petugas.

"Mobil yang ada di simulator ini sebenarnya bisa dipilih. Tetapi kita buat sama supaya fair. Setelannya juga, ini dibuat otomatis walaupun bisa jadi manual karena ada kopling dan persnelingnya juga, tetapi ya kita buat semua sama rata agar fair," katanya ketika ditemui oleh Bisnis, Jumat (19/11/2021).


Simulator balap yang disediakan Pertamina di GIIAS 2021. /Bisnis-Rezha Hadyan

Agus mengatakan antusiasme pengunjung GIIAS 2021 yang ingin mencoba simulator mobil di booth Pertamina terbilang besar. Bahkan, beberapa influencer otomotif menyempatkan diri untuk mencoba di sela-sela kesibukan mereka.

"Kemarin ada Om Mobi sempat main disini juga. Kebanyakan yang main kesini anak-anak remaja tetapi yang memang tidak bisa test drive juga karena belum [cukup] umur. Mereka jago-jago, kurang dari empat menit selesai," tuturnya.

Bisnis berkesempatan mencoba langsung simulator balap yang ada di booth Pertamina GIIAS 2021. Kesan pertama yang didapatkan adalah rasanya sama seperti mengendarai mobil sungguhan, setirnya terasa mantap dengan feedback seperti setir mobil sungguhan.

Demikian halnya dengan pedalnya, rasanya sama seperti pedal sungguhan yang ada di mobil, alih-alih seperti pedal yang biasanya ada di mesin gim di wahana bermain.

Tempat duduk atau kursinya juga seperti mobil sungguhan, lebih tepatnya mobil balap. Mencengkeram tubuh dengan baik dan bisa dimaju mundurkan sesuai dengan tinggi badan.

Mobil yang digunakan dalam permainan adalah Subaru Impreza, terbilang mudah dikendalikan. Walaupun demikian, jika belum terbiasa ketika menemui tikungan tajam mobil berpotensi terbalik apabila setir tidak dipegang erat.

Agus menjelaskan booth Pertamina dibuka sesuai dengan operasional pameran GIIAS 2021 yaitu di jam 11.00 – 20.00 WIB. Guna menerapkan protokol kesehatan, jam berkunjung booth Pertamina akan terbagi menjadi 3 sesi, yaitu:

  • Jam 11.00 – 14.00 WIB
  • Jam 14.00 – 17.00 WIB
  • Jam 17.00 – 20.00 WIB

Adapun, untuk pengunjung yang ingin mencoba simulator mobil di booth Pertamina, syaratnya mudah saja, cukup mendaftar di meja pendaftaran dan mengunduh aplikasi MyPertamina. Sambil menunggu giliran mereka bisa melihat produk-produk pertamina serta mobil dan motor sport yang juga dipamerkan di booth tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

GIIAS 2021
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top