Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bermodal Avanza Baru, Toyota Yakin Dominasi Pasar LMPV 2022

Toyota percaya diri Avanza baru akan berhasil mencengkeram pasar lebih kuat lagi pada tahun depan.
Pengunjung GIIAS 2021 mengamati Toyota All New Avanza dan All New Veloz. /Bisnis-Muhammad Khadafi
Pengunjung GIIAS 2021 mengamati Toyota All New Avanza dan All New Veloz. /Bisnis-Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motors (TAM) mengatakan penjualan Avanza dan Veloz sepanjang tahun 2021 sudah mencapai sekitar 48.000 unit.

Marketing Direktur TAM Anton Jimmy Suwandi mengatakan pada tahun 2021, penjualan ritel Toyota didominasi oleh low multi purpose vehicle (LMPV) dan kontributor terbesar penjualan LMPV Toyota berada di penjualan ritel Avanza dan Veloz mencapai 48.000an unit.

Anton mengatakan kontribusi Avanza terhadap penjualan Toyota sebesar 21,3 persen. Sementara itu, Avanza menguasai 39,5 persen pangsa pasar LMPV hingga Oktober 2021. 

Anton pun menjelaskan penjualan ritel Avanza dan Veloz meningkat 50 persen dibandingkan penjualan tahun kemarin. Hal ini pun menjadi sinyal positif yang menunjukan industri otomotif sedang berangsur pulih.

Anton pun menilai tahun depan penjualan ritel Toyota terlebih di segmen LMPV akan lebih baik daripada tahun ini dengan hadirnya All New Veloz dan All New Avanza.

"Terlebih baru minggu kemarin juga kami menghadirkan All New Veloz dan All New Avanza harapan nya bisa kontribusi lebih besar buat total market dan khususnya LMPV, " jelas Anton.

Sebelumnya, Anton mengatakan All New Toyota Avanza menarik banyak peminat di GIIAS 2021. Antusiasme tersebut tidak lepas dari penguasaan pangsa pasar Toyota Avanza sebesar 40 persen di segmen MPV di Tanah Air.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2003, TAM telah mencatatkan penjualan Avanza mencapai 1,8 juta unit. "Melihat animo konsumen di GIIAS, showroom dan pameran, minatnya sangat besar ya [terhadap All New Toyota Avanza]," kata Anton.

Meski menyedot animo yang besar, Anton belum dapat menyebutkan angka pemesanan All New Toyota Avanza yang pertama kali dipamerkan pada GIIAS tahun ini. Dia juga mengaku tak menetapkan target penjualan selama penyelenggaraan GIIAS karena pameran ini dibidik untuk tujuan branding dan promosi produk. 

"Masih baru beberapa hari, jadi belum ada angka. Kami masih menunggu dari dealer. Seperti biasa, kami tidak menerapkan target penjualan di GIIAS. Acara ini untuk Toyota diarahkan ke branding dan promosi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper