Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catatan Test Drive All New Veloz: Naik Kelasnya Tidak Bercanda

Pada pembaruan teranyar ini, baik, Veloz dan Avanza mengalami transformasi total dari segi desain, teknologi, mesin, transmisi, hingga sistem penggerak roda. Mobil bertitel sejuta umat ini resmi meninggalkan rear wheel drive (RWD) atau penggerak roda belakang.
1

Performa Mesin dan Fitur Canggih

Toyota All New Veloz varian tertinggi atau Q CVT TSS.  - Bisnis/Muhammad Khadafi
Toyota All New Veloz varian tertinggi atau Q CVT TSS. - Bisnis/Muhammad Khadafi

Performa Mesin

Tidak ada perubahan yang mencolok soal performa mesin, kecuali kini Veloz menggunakan sistem penggerak roda depan. Dari hasil uji berkendara Bisnis, Toyota Veloz 1.500 cc memiliki performa mesin yang cukup sebagai mobil keluarga.

Tenaga dan putaran mesin bawah tidak agresif. Akan tetapi putaran mesin atas sudah mumpuni untuk melesat, baik di jalur perkotaan maupun jalan bebas hambatan.

Satu hal yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah performa FWD pada Veloz saat menghadapi tanjakan. Sebagaimana diketahui, penggerak roda belakang adalah yang terbaik untuk melibas berbagai kontur jalan.

Dalam uji berkendara kali ini di sekitar tempat perhelatan GIIAS 2021, ICE BSD, Tangerang, Banten, Bisnis tidak menemukan jalan menanjak yang cocok untuk menguji transmisi matik dan FWD Veloz.

Teknologi

Satu hal yang juga mencolok dalam transformasi Veloz adalah teknologi berkendara. Veloz varian tertinggi sudah dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS). Artinya pengendara akan banyak dibantu oleh sensor dan kamera yang menunjang keselamatan.

Selama berkendara di sekitar BSD dengan lalu lintas yang cukup ramai, kehadiran beberapa fitur seperti Blind Spot Monitoring, Lane Departure Alert, All Round View Camera, dan Rear Cross Traffic Alert, sangat berguna. Fitur-fitur ini membantu mempercepat adaptasi mengendari Veloz.


Panel instrumen All New Veloz sudah digital dan memiliki empat macam pilihan desain. /Bisnis-Muhammad Khadafi

Blind spot monitoring membantu pengemudi ketika ada kendaraan lain di sebelah kanan atau kiri. Veloz akan memberikan notifikasi berupa suara saat mendeteksi objek tersebut berada dekat di samping mobil.

Sementara itu Lane Departure Alert membantu mengoreksi pengendara saat melewati garis putus-putus di jalan raya tanpa menyalakan lampu sein. Setir akan secara otomatis melawan ketika membaca kondisi ban mobil menginjak garis pembatas di jalan.

Satu fitur yang membuat mobil ini terasa premium adalah All Round View Camera. Saat lampu sein menyala dalam kondisi tertentu layar sistem hiburan yang berada di tengah dashboard akan menampilkan kondisi kendaraan secara 360 derajat dan juga keadaan bagian samping kendaraan, sesuai sisi lampu sein yang menyala.


All Round View Camera menyala saat hendak berbelok ke kiri. /Bisnis-Muhammad Khadafi

Teknologi canggih lain pada All New Veloz adalah Rear Cross Traffic Alert. Fitur ini akan memberikan sinyal suara hingga melakukan pengereman otomatis, apabila terindikasi ada sebuah objek atau mobil yang mendekat ketika kita hendak mundur keluar dari parkiran.

Kesimpulan Test Drive Singkat All New Veloz

Berkendara singkat dengan All New Veloz memberikan pengalaman yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Pesan "naik kelas" dari Toyota terhadap mobil ini terasa dari eksterior, kenyamanan, hingga pengalaman berkendara.

Secara keseluruhan, All New Veloz memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan pendahulunya

Secara keseluruhan, berdasarkan kencan singkat yang saya lakukan dengan Toyota Veloz terbaru, mobil ini benar-benar punya karakter yang berbeda dibandingkan pendahulunya.

Penggunaan platform dan penggerak roda depan baru, sukses membuat mobil ini jadi jauh lebih nyaman dan asyik untuk dikendarai.

2 dari 2 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Test Drive
Editor : Muhammad Khadafi

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top