Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tahun Xpander, Tulang Punggung Pasar Domestik dan Ekspor Mitsubishi

Sejak diluncurkan pada Agustus 2017, Mitsubishi Xpander telah membukukan penjualan lebih dari 200.000 unit. Mobil yang secara khusus dikembangkan untuk pasar Indonesia ini telah dikirim ke 30 negara.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  21:14 WIB
Mobil Mitsubishi Xpander dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Banten, Jumat (11/8/2017).  - JIBI/Dwi Prasetya
Mobil Mitsubishi Xpander dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Banten, Jumat (11/8/2017). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — GIIAS 2021 menjadi penanda tahun keempat kiprah Mitsubishi Xpander di Indonesia yang pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2017. 

Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida mengatakan bahwa Xpander diproduksi dan didesain khusus menyasar segmen otomotif Indonesia. Namun saat ini mobil tersebut telah diekspor ke 30 negara dan membuat Mitsubishi eksportir mobil CBU ketiga terbesar sejak 2018.

"Untuk ke depan rencana tidak akan berubah walau ada permintaan dari negara lain. Namun pengembangan produk ke depannya tetap diprioriotaskan Indonesia," katanya belum lama ini. 

Dia menjelaskan ada dua mobil penumpang andalan MMKSI di Indonesia, yakni Xpander dan Pajero Sport. Pajero merupakan model global, sedangkan Xpander akan selalu menjadikan Indonesia sebagai pasar utama.

Wajar saja, pasar LMPV di Indonesia sangat gemuk. Ceruk pasar yang diisin oleh Xpander, Toyota Anvaza, hingga Suzuki Ertiga ini menguasai sekitar 25 persen pasar mobil penumpang Indonesia. 

Adapun sebelum Xpander muncul, pasar LMPV didominasi oleh Toyota Avanza. Kehadiran Xpander sejak September 2017 terbilang berhasil menggoyang titel mobil sejuta umat.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, total penjualan Mitsubishi Xpander sejak September 2017 hingga September 2021 mencapai lebih dari 200.000 unit. Tahun keemasan mobil ini terjadi pada periode awal peluncuran atau 2018. 

Di tahun pertamanya pada 2017, penjualan Xpander baru tercatat bulan September sampai Desember mengingat mobil ini diluncurkan di GIIAS pada Agustus 2017. Pada tahun pertamanya, Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 13.070 unit selama empat bulan (September-Desember 2017).

Kemudian penjualan Xpander meningkat tajam pada 2018. Sepanjang tahun 2018 itu, Mitsubishi mengirimkan 75.075 unit Xpander ke pasar Indonesia. Hingga 2021, angka tersebut belum terkalahkan

Setelah sekitar dua tahun mengaspal di Indonesia, Mitsubishi mengeluarkan varian baru Xpander yang menyasar segmen LSUV. Pada 2019, volume penjualan Xpander dan Xpander Cross tercatat 62.666 unit. 

Selama pandemi Covid-19, Xpander tetap mempertahankan titel sebagai tulang punggung Mitsubishi Indonesia. Pada September 2021 misalnya, mobil ini berkontribusi sebesar 38 persen terhadap kinerja perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mitsubishi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia GIIAS 2021
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top