Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan Mobil Suzuki naik 24 Persen, XL7 Mendominasi

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pabrik ke dealer atau wholesales bulanan mobil Suzuki per Agustus tercatat 10.021 unit. Capaian penjualan bulanan ini adalah yang yang tertinggi kedua sejak 2020. Penjualan tertinggi terjadi pada Januari 2020 sebelum pandemi yakni 10.512.
Suzuki XL7. /Suzuki
Suzuki XL7. /Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA — PT Suzuki Finance Indonesia (SFI) mencatatkan adanya peningkatan jumlah akad pembiayaan mobil Suzuki sebesar 24 persen pada Agustus 2021 jika dibandingkan dengan Juli 2021. 

Segmen kendaraan niaga mencatat peningkatan sebesar 23 persen, sedangkan kendaraan penumpang naik 33 persen.

“Program promosi yang ditawarkan Suzuki Finance menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan. Program-program tersebut sangat membantu konsumen dalam mendapatkan mobil Suzuki impian mereka,” terang Asst. to Sales 4W Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales Sukma Dewi dalam siaran pers Suzuki, Selasa (14/9/2021).

Adapun berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pabrik ke dealer atau wholesales bulanan mobil Suzuki per Agustus tercatat 10.021 unit. Capaian penjualan bulanan ini adalah yang yang tertinggi kedua sejak 2020. Penjualan tertinggi terjadi pada Januari 2020 sebelum pandemi yakni 10.512.

Adapun, penjualan mobil bulanan pada periode sama tahun lalu tercatat 3.501 unit, sedangan penjualan Juli 2021 tercatat 6.274 unit.

Sukma memaparkan peningkatan di segmen kendaraan penumpang di bulan Agustus didominasi oleh XL7. Pembiayaan terhadap kendaraan ini sebesar 108 persen jika dibandingkan bulan Juli. XL7 berkontribusi sebanyak 44 persen untuk total pembiayaan di bulan Agustus. Menyusul di posisi kedua, All New Ertiga berkontribusi 38 persen pada bulan yang sama.

Sementara itu berdasarkan wilayah, konsumen tidak hanya datang dari Jawa, tapi juga dari Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Hal ini menunjukan bahwa industri otomotif sudah mulai menggeliat kembali di banyak wilayah.

Khusus untuk Pulau Jawa, kendaraan niaga Suzuki New Carry Pick Up pada Agustus mengalami peningkatan pembiayaan sebesar 32 persen dan untuk kendaraan penumpang mengalami peningkatan sebesar 82 persen apabila dibandingkan dengan Juli 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper