Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transisi Mobil Listrik, Inggris Bikin Aturan Ketat

Sebagaimana diketahui, Inggris tengah bersiap menghentikan produksi kendaraan berbahan bakar fosil pada 2030.
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik di rumah. /BMW
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik di rumah. /BMW

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Inggris membuat aturan setiap rumah yang baru dibangun wajib memiliki pengisi daya mobil listrik. Aturan semacam ini pertama kali ada di dunia sebagai upaya mendukung transisi kendaraan listrik.

Mengutip Antara, Senin (13/9/2021), regulasi tersebut tidak hanya berlaku untuk rumah, tetapi juga kantor yang baru dibangun. Khusus perkantoran, titik pengisian daya untuk kendaraan listrik wajib dihadirkan untuk setiap lima slot tempat parkir.

Adapun faktor lain yang menyebabkan keputusan itu diambil karena Inggris tengah bersiap menghentikan produksi kendaraan berbahan bakar fosil pada 2030. Aturan ini telah digodok sejak 2019 dan akhirnya terealisasi pada 2021 dan memberikan harapan baru bagi para pengguna mobil listrik yang sempat cemas tak bisa mengisi daya karena kesulitan akses tempat pengisian daya terutama mereka yang tidak memiliki garasi di rumahnya.

Salah satu pemain industri dari energi terbarukan di Inggris, Good Energy menyambut langkah itu dengan sukacita.

CEO dari Good Energy yaitu Nigel Pocklington mengatakan aturan itu membuat efisiensi penggunaan energi menjadi lebih optimal.

"Pengisian daya listrik di rumah maupun di kantor menjadi langkah krusial, karena bisa mengdekarbonisasi tidak hanya transportasi di Inggris tapi seluruh sistem energi lainnya. Seperti meningkatnya efisiensi penggunaan energi terbarukan, menghadirkan penggunaan panel surya pada 13,5 juta rumah di Inggris. Kami harap ini sebagai rencana yang baik untuk rumah- rumah baru," kata Nigel.

Regulasi tersebut akan mulai berlaku pada 2022 sehingga setiap rumah dan kantor baru menyediakan pengisi daya untuk kendaraan listrik.

Langkah lainnya mendukung konversi kendaraan berbahan bakar fosil menuju kendaraan listrik yang diambil oleh Inggris adalah dengan menghadirkan aplikasi bernama "EV8 Switch".

Aplikasi itu mengkonversi jumlah uang yang bisa dihemat pengguna mobil di Inggris dengan beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi pengguna kendaraan listrik.

Aplikasi yang dirilis di hari Kendaraan Listrik Sedunia itu juga mampu mengukur kadar karbondioksida yang berkurang hingga peningkatan kualitas udara yang dilakukan oleh pemilik dan pengguna kendaraan listrik.

Pengemudi juga dapat melihat kendaraan listrik mana yang paling cocok untuk mereka berdasarkan kendaraan mereka saat ini dan bagaimana peralihan ke listrik dapat sesuai dengan gaya hidup mereka saat ini.

Mereka yang memiliki aplikasi "EV8 Switch" juga dapat melihat seberapa dekat titik pengisi daya baterai kendaraan listrik terdekat mereka, dan perjalanan mana yang dapat diselesaikan tanpa perlu mengisi ulang dalam perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper